Cara Membuat Hotspot di Laptop Tanpa Menggunakan Software

Mungkin sudah banyak yang membagikan tentang cara membuat hotspot di laptop menggunakan software, tetapi belum banyak yang membagikan cara – cara yang bisa dilakukan  tanpa menggunakan software. Untuk itu, pada penjelasan kali ini akan dibagikan cara – cara tersebut. Kita bisa menggunakan koneksi internet dengan hotspot dengan memanfaatkan bawaan Windows, dan pastikan jika laptop kita menggunakan Windows 7.



Memang saat ini kita tidak bisa jauh – jauh dari yang namanya koneksi internet. Maka dengan mengetahui bagaimana caranya membuat hotspot di laptop, bisa memudahkan kita internetan dan juga bisa menambah wawasan tentang teknologi.
Untuk melakukan cara – cara ini kita membutuhkan yang namanya WiFi Adaptor, yang bisa kita dapatkan dengan harga sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 150.000 tergantung dari merek dan toko yang menjualnya. Setelah mendapatkannya, ikuti langkah – langkah berikut ini:

1. Kita akan memanfaatkan Command Prompt (CP), dengan menggunakan mode ‘Run us administrator’.
2. Lakukan pengecekan dulu apakah Wireless yang kita punya mendukung untuk menjalankan VAP (virtual access point), dengan  mengetikan netsh wlan show drivers di CMD. Maka nantinya akan muncul rincian penjelasan.
3. Jika penjelasannya masih bertuliskan ‘NO’, maka kita harus mengaktifkannya dengan cara mengetikkan teks berikut; netsh wlan set hostednetwork mode=allow. Jika masih saja tidak berhasil, berarti memang laptop kita tidak mendukung. Namun, apabila berhasil maka kita bisa membuat nama dan juga password untuk hotspot yang kita punya. Dengan mengetikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama SSID terserah key=Password terserah. Contoh: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Ini Buni key=Inibudi.
4. Jika sudah, kita bisa mengaktifkan wireless dengan mengetikkan netsh wlan start hostednetwork. Maka VAP akan berjalan.
5. Barulah setelah itu kita bisa menyambungkan koneksi internet agar terhubung, dengan cara menghubungkan koneksi internet utama dengan wireless yang kita buat tadi. Dengan klik “Local Area Connection > Propertis > Pilih Tab Sharing > (Centang kedua kotak) Pilih Nama Wireless yang tadi sudah dibuat untuk berbagi koneksi Internet.
Kalau sudah tahu cara membuat hotspot di laptop, kita sudah bisa internetan dengan mudah tanpa harus menggunakan software yang berbayar yang pasti harganya mahal.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.