Cara Mengatasi ‘OK Google’ yang Tidak Berfungsi di Android

Melakukan beberapa cara mengatasi ‘OK Google’ yang tidak berfungsi di Android milik kamu, bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang kelimpungan karena tiba – tiba fitur ‘OK Google’ yang selama ini memudahkan kegiatan kamu jadi tidak berfungsi.



Fitur ‘OK Google’ sendiri adalah sebuah sistem digital yang dikembangkan oleh Google, yang berbasis Artificial Intelligence (AI). Fitur  yang biasa disebut Google Now atau Google Assistant ini bisa  kamu gunakan dengan mudah. Saking mudahnya, kamu bisa mengetik sebuah kalimat atau pesan tanpa harus menyentuh keyboard. Tinggal merekam suara kamu, sebuah kata hingga membentuk sebuah kalimat sudah terpampang jelas di layar smartphone kamu.
Kemudahan ini jelas menguntungkan untuk kamu. Namun, beda lagi jika fitur ini tiba – tiba tidak berfungsi karena adanya masalah. Dan, berikut beberapa cara mengatasi ‘OK Google’ yang tidak berfungsi di Android yang bisa kamu lakukan:

1. Melakukan Pengecekan pada Fungsi Mikrofon Smartphone

Karena ‘Ok Google’ ini mengandalkan suara, yang pasti keamanan dari mikrofon smartphone kamu harus terjaga. Apalagi mikrofon ini rentan sekali kotor karena debu. Jadi, kamu bisa membersihkannya menggunakan cutton buds dan lakukan secara perlahan serta hati – hati. Lalu kemudian, lakukan pengecekan  pada fungsi mikrofon. Apakah telah kembali seperti semula atau tidak.

2. Cek Ulang Pengaturan Bahasa pada Smartphone

Bisa jadi ‘OK Google’ tidak berfungsi karena pengaturan bahasa yang ada di smartphone kamu memengaruhi dari kinerja Google Assistant. Untuk mengeceknya, lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini: buka perngaturan Google, lalu pada menu layanan atau services, cari tab penelusuran atau search, dan pilih bahasa penelusuran dan sesuaikan dengan bahasa yang kamu gunakan.

3. Mengatur Ulang Google Assistant

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan tetapi tidak berhasil. Kamu bisa melakukan dengan cara mengatur ulang Google Assistant di smartphone kamu. Caranya, pergi ke pengaturan Google, cari menu layanan, lanjut ke penelusuran, kemudian cari tab suara atau voice, kemudian cari ‘Deteksi Google’ dan mengatur ulang atau pilih “Latih Ulang Model Suara”.
Dan semoga beberapa cara mengatasi ‘OK Google’ yang tidak berfungsi di Android yang sudah kamu lakukan seperti di atas bisa berhasil.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.