5 Tips Membangun Kecerdasan Bayi

Kecerdasan merupakan sebagai salah satu dambaan bag setiap orang, apalagi bagi seorang ibu, kecerdasan ini dianggapnya sangatlah penting sekali untuk ditumbuhkan. Namun dalam membangun kecerdasan anak, belum tentu orang tua juga paham bagaimana cara membangun hal tersebut. Terkadang sesuatu itu sangat sederhana, namun kita juga tidak akan pernah tau kalau kita tidak berusaha untuk mencarinya.



Nah kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara membangun kecerdasan dari bayi, bagaimana cara membangunnya? Berikut bisa Anda lihat dibawah ini:

1. Jalin ikatan emosional yang erat. 

Pertama ibu bisa memberikan jalinan ikatan emosional dengan si bayi, ini tentu saja akan memberikan naluri pada bayi rasa aman dengan selalu mengupayakan skin to skin contact semenjak lahir. Selain itu juga bisa ibu memberikan pijatan lembut ada pada tubuhnya, dengan cara memakaikan sendiri pakaian dari bayi tersebut, kemudian ibu juga bisa mengajaknya bicara semenjak awal. Hal tersebut tentunya bisa memicu naluri rasa aman bagi bayi. Dalam hal ini juga Anda bisa menghindari bertengkar saat berada di hadapan bayi, karena hal tersebut bisa menularkan rasa cemas pada bayi.

2. Sering melakukan cakap-cakap dengan bayi. 

Dengan semakin banyaknya kosa kata yang di dengar semenjak awal, maka ini juga akan menjadikan anak semakin membangun kemampuan bicaranya. Anak yang pada usia 3 tahun kalau sudah bisa bicara dengan baik, maka anak tersebut bisa dikatakan memiliki IQ yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya. dalam hal ini cobalah untuk berbicara dengan nada yang bervariatif pada saat  berbicara dengan bayi.

3. Mengoptimalkan ekspresi wajah saat Melakukan komunikasi

Dalam hal ini bayi bisa menangkap ekspresi wajah orang yang ada disekitarnya semenja ia masih memiliki usia 3 sampai 4 bulan. Kemampuan dalam membaca ekspresi wajah tersebut merupakan sebagai salah satu dasar komunikasi non verbal anak. kalau perlu dalam hal ini sesering mungkin menunjukkan ekspresi wajah yang ceria dan bahagia sehingga bayi juga bisa menjadi bahagia.

4. Batasi penggunaan car seat dan stroller

Selanjutnya juga lebih baik kalau ibu menggendong bayi dari pada dibaringkan di dalam stroller, menggendong bayi dengan tangan lebih di anjurkan dari pada meggendongnya dengan kain. Dalam hal ini kalau bati digendong dengan tangan, maka bayi bisa berotasi dengan sesuka hatinya, kemudian bergerak leluasa dan bisa melihat banyak sisi seperti yang diinginkan. Ini tentunya akan membuat bayi bisa belajar dari lingkungan yang ada disekitarnya.

5. Tunjukkan benda yang dituju sambil berbicara. 

Anda bisa menggunakan kalimat panjang yang dalam hal ini menjelaskan berbagai benda yang sedang Anda tunjuk. Meskipun bayi belum paham mengenai apa yang dijelaskan oleh orang dewas, mereka juga akan mengingat mengenai apa yang tertangkap di pendengarannya. Ini tentunya akan membuat bayi lebih cepat bicara. Kemudian pada bayi berusia 9 bulan, tentunya mereka mulai memahami pada saat Anda menunjuk ini dan itu sambil berbicara.
Nah itulah 5 tips membangun kecerdasan bayi yang bisa ibu gunakan untuk membangun kecerdasan anak bunda. Setiap ibu pastinya ingin anaknya memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.