Penyebab Busi Sering Mati

Busi merupakan sebagai salah satu komponen yang cukup penting bagi kendaraan bermotor. Dengan adanya busi tersebut maka motor akan dapat menghasilkan percikan api yang kemudian bisa membakar bahan bakar yang ada di dalam boring, sehingga menyebabkan bergesernya piston dan di ubah oleh stang piston menjadi tenaga putar yang pada akhirnya tenaga sampai ke roda. Tanpa adanya busi tentu tidak ada pembakaran dan ketika tidak ada pembakaran maka mustahil akan terjadi energy putar.


Maka dari itu busi dalam hal ini bisa dikatakan sangat penting sekali, untuk gerak laju sebuah motor. Maka dari itu sangat fatal kalau terjadi masalah pada busi ini, mungkin untuk Anda yang mengalami permasalahan pada busi, beberapa penyebab tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda.

Penyebab Busi Sering Mati

1. Terjadinya Kebocoran Kompresi Mesin

Adanya kompresi mesin yang bocor ini menjadikan berkurangnya tekanan di silinder. Cirri dari kebocoran ini yaitu tenaga mesin akan ngempos, kemudian system pembakaran  juga tidak akan berjalan dengan maksimal dan dalam hal ini busi juga cepat mati. Dalam hal ini mengatasinya yaitu dengan cara Anda membawa motor yang Anda miliki tersebut ke bengkel resmi untuk dilakukan pembenahan yang tepat.

2. Setelan Katub Intake Bahan Bakar Tidak Pas

Terlalu banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam silinder atau ruang bakar, ini menyebabkan busi menjadi basah dan tentunya dalam hal ini akan sangat sulit untuk terbakar. Selain menyebabkan kemacetan atau sulit hidup ini juga menjadikan terlalu boros penggunaan bahan bakar. Dalam hal ini Anda bisa menyetel karburator jika motor tersebut masih menggunakan karburator, namun akan berbeda jika Anda menggunakan system injeksi.

3. Korsleting Pada Jalur Pengapian

Konselecting merupakan sebagai salah satu yang sering terjadi pada pengapian motor. Biasanya jika terjadi konselecting ini motor akan mati total dan sangat sulit untuk di hidupkan. Selain menyebabkan busi cepat mati, hal lainnya yang sering terjadi dalam konselecting ini yaitu CDI, koil dan spul cepat mati. Solusinya Anda harus membenahi yang konselecting tersebut.

4. Pemasangan Busi Kurang Tepat

Yang terakhir yaitu biasanya dikarenakan pemasangan busi yang kurang tepat, tanpa sadar dalam hal ini biasanya pemasangan busy tidak sempurna. Contohnya dengan terlalu longgar atau bahkan dalam hal ini busi dalam masalah pemasangannya tidak tepat karena alur bautnya yang sudah rusak. Masalah ini memang bisa dikatakan cukup sederhana, namun sering kali membuat energy motor terbuang sia-sia dan ngempos bergitu saja.

Nah jadi ada banyak sekali sebenarnya permasalahan yang sering terjadi kenapa busi sering mati ini, namun yang sering terjadi menjadi penybabnya ada 4 tersebut. Demikian informasi yang kami sampaikan semoga bermanfaat.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.