5 Penyebab Kembung Sering Terjadi

Penyebab kembung sering terjadi tidaklah sedikit, dan sangatlah beragam macamnya. Bisa dikatakan demikian, sebab kembung adalah salah satu masalah yang terjadi dalam sistem pencernaan yang bisa dialami oleh siapa saja. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami kembung di waktu-waktu tertentu. Seseorang yang merasakan kembung pada perutnya, biasanya disertai perut yang terasa begah, mual, sering mengeluarkan gas dengan sendawa ataupun buang angin. Hal ini tentu membuat tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

5 Penyebab Kembung Sering Terjadi
merdeka.com


5 Penyebab Kembung Sering Terjadi berikut ini bisa Anda ketahui agar ketika merasakan gejalanya, Anda bisa dapat segera mencari solusi untuk menyembuhkannya:

1. Makanan

Peyebab kembung yang pertama dan yang paling banyak sering terjadi adalah karena faktor makanan. Bukan hanya karena makanan adalah kebutuhan utama sebagai manusia, tetapi juga karena banyak macam-macam makanan, dan jika jumlah pengonsumsiannya tidak dikontrol bisa menyebabkan perut kembung. Misalnya seperti Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak gas, seperti: kol, brokoli, kacang polong, kismis, kacang-kacangan, buah plum, dan bauh apel. Tidak hanya itu saja, makanan-makanan olahan yang banyak mengandung fruktosan atau surbitol yang biasanya terdapat dalam jus buah bisa juga menjadi penyebab kembung. Bagi Anda yang juga suka makan atau mengunyah permen karet, itu juga bisa menjadi penyebab kembung, sebab saat mulut mengunyah permen karet tersebut banyak udara yang masuk dalam tubuh melalui mulut.

2. Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi yang terjadi di mana Anda merasa sulit buang air besar atau buang air besar dengan cara yang tidak teratur, belum lagi Anda merasa kotoran yang ada di perut terasa keras dan susah dikeluarkan. Sebab itulah perut terasa penuh dan akhirnya bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Biasanya yang sering mengalami sembelit adalah orang-orang lansia, ibu hamil, atau yang sering duduk seperti orang-orang yang bekerja kantoran yang jarang bergerak. Gejala-gejala sembelit bisa dirasakan ketika Anda merasa perut Anda penuh, begah, sakit perut namun susah buang air besar karena fases atau kotoran dalam perut terasa kering dan keras.

3. Sakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung yang dalam bahasa medisnya disebut dengan Gastroesophagael Reflux Disease (GERD). Hal tersebut adalah situasi di mana asam lambung mengalir di sepanjang kerongkongan atau esophagus, sehingga menyebabkan rasa yang panas seperti terbakar pada bagian dada dan juga terdapat rasa nyeri pada ulu hati. Penyakit asam lambung ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan, manita hamil, dan juga perokok.

4. Sulit Mencerna Laktosa

Kesulitan dalam mencerna laktosa atau juga biasa disebut dengan istilah intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh sulit mencerna laktosa atau gula yang terdapat dalam susu dan juga produk olahan lainnya seperti jus kemasan atau minuman kemasan lainnya. Seseorang yang mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa karena tubuhnya sulit menemukan enzim lactase yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kesulitan tersebutlah laktosa yang masuk dalam tubuh sulit dicerna dan menimbulkan gangguan pada pencernaan salah satunya adalah kembung.

5. Penyebab Lain

Penyebab lain kembung adalah karena kenaikan berat badan, dan juga naiknya hormone yang biasanya dialami oleh wanita saat mengalami PMS, stress, dan juga gelisah, serta berbicara ketika makan juga bisa menyebabkan perut kembung.

5 Penyebab Kembung Sering Terjadi di atas semoga bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda. Penyakit kembung sendiri bukanlah hal serius, Anda bisa atasi sendiri dengan mengetahui penyebabnya dan mencari tahu cara penanganannya.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.