Cara Mengatasi Kembung

Cara Mengatasi Kembung ada beberapa macam. Namun, apa sebelumnya Anda pernah mengalami kembung pada bagian perut? Sudah tahu apa penyebabnya? Yang jelas, pastilah ketika perut Anda kembung terasa tidak nyaman dan perut terasa membesar. Perut kembung sendiri bisa saja terjadi disebabkan oleh udara atau gas yang mengisi bagian saluran pencernaan dengan jumlah yang lebih. Tentu saja Anda bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat perut kembung tersebut dengan mengetahui mengatasi kembung.

Cara Mengatasi Kembung
Cara Mengatasi Kembung 

Namun, sebelum itu Anda bisa terlebih dulu mengetahui beberapa penyebabnya. Nah, salah satu penyebab dari perut kembung ini bisa berawal dari kebiasaan hidup yang tidak baik, seperti makan dengan terburu-buru dan mengonsumsi makanan yang pedas serta mengandung banyak lemak, hal itu bisa berakibat pada perut Anda yang menjadi terasa begah dan akhirnya terasa kembung. Mengatasi kembung bisa Anda lakukan agar perut kembali terasa sehat dan nyaman.

Cara mengatasi kembung, lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung?


Berikut beberapa cara dan penjelasannya untuk Anda:

1. Memijat Bagian Perut 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika perut Anda kembung adalah dengan melakukan gerakan memijat di area perut Anda, hal itu bisa dilakukan karena terbukti bisa menghilangkan rasa kembung di bagian perut Anda. Lakukan gerakan memijat dengan menekan jari-jari Anda di perut, lalu pijat bagian dekat area pinggul kanan dengan sedikit tenakanan namun tetap dengan gerakan pelan. Selanjutnya, pindah gerakan memijat Anda di bagian rusuk dengan tetap melakukannya pelan-pelan, setelah itu baru memijat bagian di mana usus besar atau perut bagian atas dengan gerakan melintang lalu menurun secara berulang, dan tetap dilakukan dengan lembut dan hati-hati.

2. Berjalan Kaki Selama Beberapa Menit

Ternyata, dengan berjalan kaki juga bisa menghilangkan rasa kembung di dalam perut Anda, lho. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas berjalan kaki setiap hari selama 15 hingga 20 menit bisa mengurangi risiko perut kembung dan ikut menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dengan berjalan kaki, pastinya Anda akan berkeringat, dan justru keringat itulah yang dapat mengurangi jumlah cairan berlebih yang ada dalam tubuh Anda yang menyebabkan perut terasa kembung. Makanya tidak heran jika banyak orang-orang yang terlihat sehat dan segar karena selalu rajin melakukan aktivitas dengan berjalan kaki.

3. Mengonsumsi Yogurt dan Makanan yang Mengandung Bakteri Baik

Sudah menjadi rahasia umum, kalau yogurt memang baik untuk pencernaan karena mengandung bakteri baik di dalamnya. Maka, saat Anda merasa perut kembung, Anda bisa mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus yang dapat mengurangi rasa kembung dalam perut. Selain yogurt, ada juga produk lain yang juga mengandung bakteri baik tersebut, seperti minuman probiotik yang baik juga untuk usus dan sistem pencernaan Anda.

4. Melakukan Aktivitas Olahraga

Anda bisa melakukan aktivitas olahraga rutin untuk mengatasi kembung pada perut dan mencegah kondisi serupa terulang kembali. Bahkan Anda bisa melakukan olahraga setiap hari hanya dengan melakukannya selama 5 menit. Ada beberapa macam olahraga yang bisa Anda lakukan selama itu, seperti kardio dan juga gerakan-gerakan yoga. Dengan melakukan olahraga, selain menjaga kesehatan pencernaan, Anda juga bisa membuat tubuh tetap terasa lebih sehat dan selalu bugar.

5. Mengubah Kebiasaan Buruk Saat Makan

Mungkin Anda tidak sadar, jika kebiasaan makan seperti menyelingi kegiatan makan dengan minum itu bisa mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Apalagi jika Anda terbiasa makan dengan cepat, itu jelas bisa membuat perut Anda mudah terasa kembung. Sebaiknya, mulai ubah kebiasaan buruk saat makan, seperti mulai makan dengan perlahan dan biasakan minum sebelum makan.
Beberapa cara mengatasi kembung yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa menjadikannya kebiasaan hidup sehat untuk menghindari gangguan kesehatan, terutama dalam sistem pencernaan tubuh Anda. Karena kesehatan adalah salah satu hal yang berharga.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.