Cara Mengobati Kembung Pada Anak

Cara mengobati kembung pada anak perlu kita tahu, sebab anak-anak mudah terserang perut kembung. Sebagai orang dewasa, pastilah kita tahu bagaiamana rasanya kembung. Perut terasa seperti penuh dan membuat tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas. Apalagi, jika hal itu terjadi pada anak-anak kita, pastilah mereka menjadi tidak aktif seperti biasanya kerena kondisi perutnya yang kembung. Kegiatan belajar dan bermainnya juga pastilah terganggu. Untuk itu, sebagai orang tua, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kembung pada anak.

Cara Mengobati Kembung Pada Anak
Cara Mengobati Kembung Pada Anak


Kembung pada perut terjadi bisa disebabkan karena terlalu banyak udara di bagian perut, hal itu biasanya dikarenakan saat makan banyak menelan udara, bisa juga karena mengunyah makanan dengan cepat dan tidak mengunyahnya secara keseluruhan hingga makanannya menjadi lembut. Terkadang, sebagai orang tua kita menginginkan anak makan dengan lahap. Maka kita selalu berusaha melakukan berbagai cara agar anak makan dengan teratur. Seperti dengan menyuapinya sambil bermain atau selagi menonton televisi. Padahal, hal itulah yang bisa memicu perut kembung pada anak.

Cara Mengobati Kembung Pada Anak berikut ini, bisa dijadikan solusi tepat ketika anak-anak mengalami kembung:


1. Berikan Minuman Hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika anak kembung adalah, memberinya minuman hangat. Bisa berupa teh hangat atau air hangat yang dicampur madu. Hal ini bisa mengurangi kembung pada perut anak karena memberikan rasa nyaman pada perut anak, juga dengan memberikan minuman hangat pada anak dapat memancing keluarnya udara atau gas yang memenuhi perut melalui mulut dengan sendawa ataupun lewat buang angin. Dan pastikan memberikan minuman hangat pada anak tanpa menggunakan sedotan, karena sedotan menjadikan udara bisa masuk kembali ke dalam perut.

2. Beri Pijatan dan Minyak Penghangat atau Balsam

Selain dengan memberikan minuman hangat pada anak ketika kembung, juga bisa dengan memberikan pijatan pada perut anak dan mengolesinya dengan minyak hangat seperti minyak kayu putih atau minyak telon, balsam juga bisa. Berikan pijatan pada perut anak dengan perlahan dan lembut secara terus-menerus, hingga anak bisa sendawa atau buang angin agar bisa mengeluarkan gas yang memenuhi perutnya.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Berikan minum air putih yang banyak pada anak saat kembung, bisa mengurangi kembung yang membuat tidak nyaman pada perut. Sebab, gas yang ada dalam perut bisa ditekan jumlahnya dan dikeluarkan melalui sendawa dan juga buang angin. Selain itu, dengan minum air putih juga dapat melancarkan pencernaan.

4. Menghindari Kebiasaan yang Menyebabkan Perut Kembung

Perut kembung pada anak tentulah ada penyebabnya, yang bisa dari kebiasaan buruk. Seperti makan terlalu cepat dan mengunyah makanan secara terburu-buru, memakan makanan yang menyebabkan perut kembung misalnya makanan yang berlemak, dan terlalu banyak meminum minuman bersoda. Kebiasaan-kebiasaan tersebutlah yang bisa membuat perut anak kembung.

5. Membiarkan Anak Aktif Bergerak

Selain dengan mengatasinya dari dalam, kembung pada anak bisa diatasi dan dihindari dengan membiarkan anak aktif bergerak seperti melakukan berbagai aktivitas bermain di luar ruangan, walaupun tetap dengan memberinya pengawasan. Sebab, dengan membiarkan anak aktif bergerak bisa mempermudah gas yang membuat kembung pada anak keluar.

Selain untuk mengatasi kembung pada anak, orang tua juga haruslah tetap memperhatikan asupan dan aktivitas anak untuk menghindarkan anak pada keadaan tidak nyaman karena kembung. Sebab, jika anak mengalami perut ke
mbung bisa mengganggu aktivitasnya. Dan kesehatan dan kenyamanan anak adalah salah satu hal yang penting.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.