6 Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan


Tomat merupakan salah satu jenis buah yang sebagian besar orang juga menyebutnya sebagai sayur, tak ada salahnya sih kalau ini kita menyebutnya dengan buah sayur. Buah tomat ini merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat cukup banyak, bisa digunakan sebagai lalapan, pelengkap rasa dan juga bisa menjadi hidangan utama. Buah tomat memiliki vitamin yang cukup menarik yaitu dengan memiliki dua kali lipat “vitamin C” yang cukup normal (Doublerich), kemudian ada 40 kali normal vitamin A, tingkat tinggi “anthocyanin” (yang membuat tomat berwarna biru), dan memiliki dua sampai empat kali jumlah normal lycopene.


Tentu saja kalau kita melihat dari kandungan yang dimiliki oleh buah tomat ini tentunya ada banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya? Yuks simak berikut ini:

1. Tomat dapat Melawan sel kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang mengerikan, namun tahukan Anda kalau dengan tomat ini Anda bisa melawannya. Seperti yang kita tahu bahwa tomat dikemas dengan “lycopene, carotenoid pigment” sehingga membuat warna merah tersebut sebagai manfaat dari tomat. Dalam hal ini tentunya dari sejumlah penelitian sudah menunjukkan kalau tingkat tinggi lycopene yang ada di dalam tomat bekerja untuk mengurangi resiko tumbuhnya kanker khususnya “kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim, kanker colorectal, kanker mulut, dan kanker perut”.

2. Tomat Berguna untuk Menetralisir radikal bebas di dalam tubuh
Selain bisa mencegah terjadinya kanker, tomat juga sebagai salah satu sumber yang baik dari “vitamin A dan vitamin C” yang dalam hal ini tentunya memiliki  manfaat untuk menetralisir radikal bebas yang berbahaya berada di dalam darah.

3. Tomat Rendah kolesterol
Asupan yang dimiliki oleh tomat memang bisa dikatakan cukup tinggi, mempunyai manfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL, dalam penelitian tersebut ternyata tomamt mampu untuk meningkatkan sirkulasi untuk melawan oksidadi kolesterol LDL.

4. Tomat Mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi
Tomat ini merupakan sebagai salah satu sumber yang sangat baik dari vitamin B dan potassium yang tentunya sangat efektif dan memiliki manfaat untuk mengurangi adanya tekanan darah tinggi. Maka dari itu dengan kita memasukkan tomat ke dalam makanan harian kita, maka akan menjadikan secara efektif mencegah stroke dan gejala munculnya serangan jantung.

5. Tomat Melindungi terhadap Munculnya penyakit liver
Tomat merupakan salah satu buah yang kaya dengan kandungan chlorine dan sulfur yang bisa menga fungsi liver dengan benar. Hal tersebut tentunya juga bisa melindungi liver dari adanya kemacetan serta bisa membantu dalam melarutkan batu empedu.

6.  Tomat dapat Memperbaiki tekstur kulit
Tahukah Anda ternyata tomat ini dapat menjadi “facial wajah” yang baik untuk kulit. Anda bisa mengupas tomat lalu selanjutntya Anda gosok dengan lembut ada pada daerah penuh dengan “komedo”. Ini tentu saja akan dapat mengembalikan cahaya alami yang ada pada kulit dan juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap.

Berbicara mengenai masalah manfaat dan khasiat dari tomat ini tentunya sangat banyak sekali. Pastikan hari-hari Anda selalu mengkonsumsi buah tomat ya gaes.

x

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.