5 Manfaat kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kalian Ketahui


Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang paling umum kita jumpai. Ya, terutama ketika hari raya idul fitri tiba, dimana kacang tanah ini tidak sulit untuk kita jumpai. Selain dengan cara di goreng, kacang tanah ini juga biasanya paling pas jika disantap dengan cara direbus, sambil ditemani dengan segelas kopi. Tak hanya itu, bahkan kacang tanah tersebut kerap dijadikan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, bolu, hingga dijadikan topping. Mungkin, sebagian dari kita ada yang belum tahu tentang manfaat dari mengonsumsi kacang tanah untuk kesehatan tubuh? Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan membahas seputar 5 manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :
1. Dapat Mencegah Kanker
Manfaat pertama dari mengonsumsi kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang harus kalian ketahui, yakni dapat mencegah penyakit kanker. Ya, memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Menurut hasil survey yang dilakukan pada tahun lalu, 2 orang di dunia ini tewas pada setiap harinya akibat terserang penyakit kanker. Dengan demikian, maka tak heran juga jika jenis penyakit yang satu ini sangat ditakuti oleh semua orang. Namun kabar baiknya, penyakit kanker tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi kacang tanah rebus secara rutin dan teratur. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal itu dikarenakan kacang tanah memiliki kandungan asam p-coumaric yang berperan untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.
2. Mengurangi Gula Darah
Selain dapat mencegah perkembangan sel kanker, ternyata kacang tanah juga sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh lho. Hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti terkemuka, yang menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada kacang tanah mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar gula darah dalam tubuh, tentu saja kita akan terhindar dari masalah obesitas dan hipertensi.
3. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Batu Empedu
Tak hanya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang tanah juga sangat efektif dalam menurunkan resiko penyakit batu empedu. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kacang tanah diklaim mampu mencegah resiko berbagai infeksi pada kantung empedu, baik pada organ hati maupun organ tubuh lainnya.
4. Mampu Mencegah Penuaan Dini
Masalah penuaan dini merupakan sebuah kondisi, dimana kamu yang berusia 20 tahun, namun wajahmu tampak terlihat seperti orang yang berumur 35 tahunan. Ya, hal itu dikarenakan telah muncul garis halus dan kerutan pada bagian dahi, sehingga wajahmu terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Kandungan vitamin E dan B pada kacang tanah diyakini mampu mencegah penuaan dini, serta dapat mengencangkan kulit.
5. Dapat Mengatasi Rasa Stress
Manfaat terakhir dari kacang tanah yang harus kalian ketahui, yakni dapat mengatasi rasa stress. Berdasarkan dari hasil penelitian, kacang tanah mempunyai zat tryptophan yang berfungsi untuk mengatasi dan mencegah stress hingga depresi.
Itulah 5 manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh. Nah, jika kalian hendak memasak kacang tanah, disarankan untuk memasaknya dengan cara direbus atau disangrai. Ya, hal itu bertujuan agar kandungan vitamin dan proteinnya tetap terjaga.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.