Kandungan dan Manfaat Daun Sirih Merah


Daun sirih, tentu saja selama ini sudah sangat kita kenal. Karena memang tumbuhan yang satu ini cukup popular dan sudah sangat dipercaya sebagai salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun tahukah Anda, jika ternyata ada 2 macam daun sirih?, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Bicara mengenai daun sirih merah, yang memang sudah dikenal dengan khasiatnya yang bisa digunakan sebagai obat. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan daun sirih merah ini seperti digunakan untuk menghilangkan bau badan secara Alami, mencegah adanya bakteri dan masih banyak khasiat yang lainnya.

Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa daun sirih merab bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang berbahaya yaitu seperti kanker, diabetes, asam urat, maag, hepatitis, darah tinggi, ambien, dan infeksi.

Sebelum kita membahas mengenai manfaat yang dimiliki oleh daun sirih merah ini, yuk kita simak terlebih dahulu kandungan yang dimilikinya.


Kandungan Daun Sirih Merah

Dari riset yang sudah ada diketahui bahwa daun sirih merah ini mempunyai kandungan yang yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan sekaligus bisa mencegah penyakit. 

Jika kitra bandingkan dengan manfaat sirih merah, dengan efek negative yang akan di timbukkannya sangatlah sedikit. 

Bahkan dengan daun sirih merah ini penyakit mematikan seperti kanker dan diabetes melitus pun dapat dicegah. Kandungan senyawa yang ada di dalam sirih merah digolongkan menjadi 3 yaitu flavonoid, polivenol, dan alkoloid.

1. Senyawa flavonoid dan polivenol
Dari kedua senyawa ini memiliki khasiat untuk mencegah kanker, dan bisa digunakan sebagai anti inflamasi, antiseptic, anti oksidan dan antideabetik.

2. Senyawa alkaloid
Mengenai manfaat dari senyawa tersebut juga hampir sama dengan senyawa flavonoid dan polivenol, yaitu berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel  kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirih ini sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki sifat obat mujarab. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan tumbuhan yang satu ini, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Antiseptik
Manfaat daun sirih merah ini sering kali dipakai untuk antiseptic, kemudian manfaat sirih merah tersebut juga sudah sangat lama dipercaya oleh sebagian besar masyarakat bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi.

2. Dapat Menurunkan kadar gula darah
Selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk menurunkan gula darah, banyak sekali olahan sorih yang bisa kita konsumsi dan salah satu hal yang sangat mudah yaitu Anda bisa merebusnya kemudian meminumnya. Kemudian daun sirih juga bisa dikeringkan dan digerus menjadi bubuk, sehingga ini dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah kepada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.
Manfaatnya ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang ada di dalam daun tersebut.  Sehingga bisa mengurangi stress oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel-sel sebagau pemicu ketidakseimbangan hormone insulin. Daun sirih merah tidak memiliki efek samping apapun yang perlu Anda khawatirkan.
Namun juga jangan menjadikan sirih merah ini sebagai satu-satunya untuk mengobati diabetes. Anda bisa mengkonsultasikan terlebihy dahulu kepada dokter sebelum meminum rebusan daun sirih merah dan Anda juga harus memastikan tidak ada resiko atau efek samping interaksi yang berlawan dengan kerja obat.

3. Dapat Menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi
Selain beberapa manfaat diatas daun sirih juga bisa menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Caranya yaitu dengan mengunyahnya. Pantas saja kalau orang dahulu sering menggunakannya untuk susur/ nginang. Sehingga kesehatan mulut mereka sangat terjaga, mulai dari giginya pun meskipun sudah tua terkadang juga masih utuh. Hal ini karena di dalam daun sirih ini memiliki kandungan minyak astiri yang merupakan sebagai kandungan zat yang memiliki daya antiseptic, antioksidan, antimikroba serta memiliki aktifitas pada berbagai macam bakteri yang terdapat di dalam mulut.
Dari adanya sifat-sifat yang dimiliki oleh minyak astiri tersebut sehingga bisa mengurangi peradangan gusi yang dimana peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang terdapat di karang gigi.

4. Dapat Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Berikutnya yaitu khasiat yang dimiliki oleh daun sirih yaitu sangat efektif digunakan untuk mengurangi nyeri lambung dan bisa meredakan gejala GERD serta dapat melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang sangat terbahaya. Selain itu daun sirih juga memiliki manfaat yang lainnya terhadap kesehatan saluran cerna yaitu bisa menormalkan kembali tingkat pH lambung yang berguna untuk meredakan maag, refluks asam lambung, dan terjadinya rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

5. Dapat Mencegah dan Mengobati Penyakit jantung coroner
Jantung koronen yang disebabkan oleh adanya radikal bebas ini bisa menyebabkan adanya kerusahan dinding pembuluh darah. Selain itu faktor lain yang menyebabkan penyakit jantung koroner yaitu seperti hipertensi, merokok, polusi, dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya selalu rajin berolahraga karena manfaat olahraga untuk jantung sangat banyak. Dengan mengkonsumsi daun sirih yang benar makan akan dapat terhindarkan dari penyakit tersebut.

6. Sebagai Obat kanker payudara
Kanker payudara merupakan satu kondisi yang dimana sel-sel tumbuh dengan sangat cepat dan tidak terkendali. Biasanya kanker payudara tersebut pada umumnya banyak menyerang wanita. Untungnya, dalam hal ini sirih merah bisa membantu untuk melawan perkembangan kanker.

7. Untuk menghilangkan bau badan
Sirih merah juga berguna untuk menghilangkan bau badan, cara menghilangkan bau badan tersebut yaitu Anda bisa mengambil setidaknya 5 lembar daun sirih merah, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air, pada saat mendidih tunggu sampai airnya menyusut menjadi satu gelas air. Kemudian Anda saring air rebusan sirih merah selanjutnya Anda minum dalam keadaan dingin.

8. Bisa Mengobati penyakit prostat
Sirih merah juga berguna untuk mengatasi penyakit prostat. Cara membuat ramuan dalam mengobati penyakit prostat yaitu dengan Anda merebus lima lembar daun sirih merah ke dalam dua gelas air. Pada saat sudah mendidih, tunggu air menyusut sampai airnya tersisa satu gelas dan saring airnya. Tunggu sampai ramuannya dingin, dan minumlah dua kali sehari dengan teratur.

9. Untuk Melancarkan buang air kecil
Seiring dengan bertambahnya usia memang terkadang hal tersebut menyebabkan beberapa orang mengalami kesulitan untuk melakukan buang air kecil. Kalau Anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil maka bisa minum jus daun sirih.
Nah untuk Anda yang sebelumnya belum mengetahui tentang manfaat yang dimiliki oleh daun sirih merah, maka beberapa manfaat tersebut tentunya bisa menjadi referensi untuk Anda.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.