Tips Memilih Helm Terbaik


Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dimiliki dan digunakan oleh seluruh pengendara sepeda motor. Iya tidak mengenakan helm saat berkendara bukan hanya berakibat Anda akan ditilang oleh Polisi karena telah melanggar hukum, tetapi juga berpengaruh terhadap keselamatan Anda. Pasalnya memang tanpa menggunakan helm, tentunya keselamatan akan dipertanyakan. Karena helm sendiri memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap bagian tubuh khususnya kepala.


Nah saat ini, mengenakan helm saat berkendara sepertinya bukan saja sebagai alasan agar tidak melanggar hukum atau sebagai pelindung kepala saja, tetapi memakai helm juga telah menjadi fashion. Hal ini tentunya dikarenakan kini muncul berbagai merk helm dengan berbagai desain dan fitur yang keren. Iya saat ini memang tersedia berbagai jenis helm mulai dari helm bogo, helm retro, dan masih banyak yang lainnya. Nah karena saat ini banyak sekali jenis helm yang beredar dipasaran, bagi Anda yang ingin membeli helm, pastikan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli helm. Iya beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:
Pilih yang berlogo SNI

Nah untuk Anda yang ingin membeli helm, pastikan helm yang Anda pilih berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia). Mengapa demikian? Karena helm berlogo SNI merupakan helm yang telah lulus syarat ketahanan dan kekuatan yang dimiliki. Iya helm yang telah berlogo SNI berarti telah memiliki standar sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Logo SNI ini biasanya berbentuk stiker atau emblem yang tidak bisa dihilangkan.
Selain logo SNI, Anda juga bisa memilih helm berlogo DOT (departement of transportation) yang merupakan helm dengan standar Amerika Serikat. Iya helm jenis DOT ini juga cukup banyak beredar di Indonesia. Untuk helm berlogo DOT juga aman untuk digunakan, sebab helm ini juga memiliki standar keamanan sama halnya dengan SNI.

Pilih helm dengan strap dengan desain terbaik

Strap atau tali pengikat pada helm tentunya memiliki fungsi yang sangat penting. Pasalnya tanpa adanya strap, maka helm pun bisa saja terlepas saat digunakan ketika berkendara. Pastikan Anda memilih helm dengan strap yang kuat sehingga tidak mudah putus atau rusak. Selain strap yang kuat, pastikan juga Anda memilih helm dengan desain strap yang nyaman, sebab selain soal keselamatan, helm sangat berkaitan dengan kenyamanan.

Pilih ukuran helm yang pas di kepala

Ukuran helm menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya memang memakai helm dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil akan sangat tidak nyaman. Apabila helm yang Anda gunakan sudah tidak nyaman dikepala, maka dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi Anda saat mengendara sehingga bedampak kurang baik bagi keselamatan Anda. Terdapat berbagai ukuran helm yang bisa Anda pilih mulai dari S, M, L, dan XL. Untuk itu, pastikan Anda mencoba helm sebelum membelinya dan memastikan ukurannya benar-benar pas.

Pilih desain helm

Pada umumnya, helm yang tersedia dipasaran adalah helm full face dan helm half face. Nah dalam hal ini Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun helm full face sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh, sebab memiliki perlindungan yang lebih. Selain itu, helm full face juga sangat cocok untuk Anda yang mengendarai motor sport atau motor trail. Sedangkan untuk helm half face sangat cocok untuk kegiatan berkendara sehari-hari karena memang desainnya yang simpel dan mudah dibuka tutup. Jenis helm half face juga cocok dengan berbagai jenis motor mulai dari motor bebek maupun motor matic.

Nah itu dia beberapa tips memilih helm, pastikan juga Anda memilih helm dengan desain dan motif yang pas sehingga selain sebagai pengaman juga bisa sebagai fashion.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

This Is The Newest Post