Begini Cara Yang Bisa Anda Lakukan Dalam Membersihkan Susu Botol Bayi


Dalam memilih botol susu bayi memang banyak hal yang harus anda perhatikan. Bukan hanya dari model yang bagus atau warna yang bagus. Anda juga harus memilih botol bayi tersebut aman tidak untuk digunakan oleh bayi anda. cara mengetahui aman atau tidak, anda bisa lihat keterangan plastic dari bahan utama dari botol bayi tersebut. Jika keterangannya sudah tidak jelas. Sebaiknya jangan dibeli. Anda harus memperhatikan keamananya menjadi nomer satu. Sebaiknya anda juga membeli botol susu yang sesuai umur bayi. Produsen pembuat botol susu bayi biasanya memberikan keterangan mengenai umur berapa botol bayi ini sebaiknya digunakan. Nah, setelah sudah memutuskan membeli botol susu bayi. Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya cara membersihkan botol susu bayi tersebut. Berikut beberapa saran yang bisa anda perhatikan dalam membersihkan botol susu bayi.

botol susu bayi
botol susu bayi

      1. Langsung Segera Dibersihkan
Hal yang pertama harus anda perhatikan dalam membersihkan botol susu bayi adalah jangan menunda membersihkan. Memang anda sebagai ibu baru sangat sibuk mengurus bayi yangn baru lahir. Butuh waktu esktra rasanya untuk mengurus bayi. Tetapi sebaiknya jika punya waktu luang, langsung perhatikan botol susu bayi anda. jika sudah kotor dan habis dipakai. Sebaiknya langsung dibersihkan saja. Kecuali jika anda punta stok botol susu bayi yang cukup banyak. Sehingga anda tidak langsung harus mencuci. Tetap saja sebenarnya jika menunda pencucian botol susu bayi. Akan membuat bakteri menempel lebih lama. Anda bisa merendam botol susu bayi, jika tidak ingin langsung dicuci.

      2. Gunakan Sabun Yang Aman Untuk Bayi
Ketika anda mencuci botol susu bayi, pastinya anda harus menggunakan sabun. Sabun berfungsi untuk membuat susu yang mengandung lemak bisa hilang. Jika tidak menggunakan sabun memang bisa membuat botol susu bayi terlihat kotor karena lemak pada susu. Nah, jika anda khawatir atas penggunaan sabun cucui piring biasa. Anda bisa menggunakan sabun yang khusus untuk bayi. Sabun tersebut biasanya juga bisa digunakan untuk mencuci peralatan bayi lainnya. Kemudian sabun untuk botol susu bayi tidak banyak mengandung busa. Jadi jangan kaget jika akan lebih boros.

      3. Perhatikan Cara Merebus Botol Susu
Setelah anda bersihkan botol susu bayi dengan sabun. Sebaiknya anda merebus botol susu bayi tersebut. Memang merebus botol susu bayi terlihat sangat tradisional, tetapi dari duli memang terbukti keamanannya. Anda ketika merebus botol bayi sebaiknya membeli capitan botol. Agar ketika sudah direbus, gampang untuk diambil. Tidak akan terkena tangan juga cipratan air panasnya. Nah, ketika merebus botol susu bayi, anda sebaiknya melakukannya 1 kali dalam sehari. Jadi jangan jam anda rebus.

      4.  Beli Alat Steril Susu Bayi
Selain direbus, sebenarnya jika anda mempunyai uang lebih. Anda bisa membeli alat steril susu bayi. Alat steril susu bayi ini dijual dalam beberapa model. Ada yang berbentuk seperti oven dan anda tinggal menaruh botol susu bayiy di dalamnya. Ada bentuknya seperti panci kukusan. Anda tinggal menaruh botol susu bayi tersebut. Cara bekerja alat steril susu bayi ini berbeda dari direbus. Jadi alat steril menggunakan uap yang ada. Rata-rata alat steril ini juga menggunakan tenaga listrik. Jika anda tertarik, anda bisa membeli alat steril di Blibli.com dengan harga terjangkau.