Ragam Cara Membuat Kopi Dalgona


Di masa pandemi yang dialami oleh hampir seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia, taat terhadap aturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah merupakan solusi yang paling tepat untuk dilakukan. Namun, sebagai manusia wajar kalau kita akan merasakan kebosanan yang luar biasa ketika di paksa untuk tetap tinggal di rumah selama beberapa waktu. Eits, jangan salah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan hal – hal produktif bersama keluarga seperti berkebun, bermain bahkan membuat makanan atau minuman bersama. Seperti membuat kopi dalgona, yang kini tengah viral dan layak dicoba oleh kamu juga yang tetap stay di rumah. Karena kopi ini baru – baru dikenal oleh masyarakat, dan cara pembuatannya pun memerlukan teknik khusus, maka kamu patut tahu cara membuat kopi dalgona sebelum mempersiapkan untuk membeli bahan dan praktek bersama keluarga. Berikut beragam cara yang bisa digunakan untuk membuat kopi dalgona :



1. Menggunakan mixer

Cara membuat kopi dalgona yang pertama adalah menggunakan mixer. Pertama, kamu harus menyiapkan kopi (sesuai selera) sebanyak 2 sendok makan, kemudian menyiapkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan juga atau sesuai selera asalkan perbandingan dengan kopi sama, selanjutnya setelah kopi dan gula tercampur tinggal menambahkan 2 sendok makan air panas, kemudian kamu bisa langsung mengaduknya mmenggunakan mixer selama kurang lebih 3 menit sampai tekstur nya menjadi foamy dan padat (cek tekstur dengan cara membalikkan wadah, jika tidak tumpah berarti tekstur sudah tepat), jika kamu berhasil membuatnya maka tekstur dalgona sangat mirip dengan whipped cream yang  biasa digunakan pelapis kue tart, langkah terakhir adalah menyajikan kopi dalgona pada gelas yang berisi es batu dan bisa diberi tambahan toping berupa susu kental manis, coklat granule ataupun kacang.

2. Menggunakan whisk / kocokan manual

Jika kamu dirumah tidak punya mixer, dan hanya punya whisk atau yang biasa digunakan untuk membuat kue, kamu tetap bisa membuat kopi dalgona lho. Caranya yang pertama yakni mencampurkan bahan – bahan berupa kopi, gula dan air panas dengan perbandingan rata – rata (2 sendok makan) , langakah kedua semua bahan dicampurkan dengan mengaduk memakai whisk hingga larutan kental, sesekali  kamu bisa mengangkat kocokan agar udara masuk dan memberi evek volume pada tekstur dalgona, mengaduknya memang membutuhkan waktu lama karena menggunakan cara manual, jika sudah mencapai 400 kali kocokan (kurang lebih) dan tekstur sudah menjadi kental, maka dalgona siap disajikan bersama es batu dan susu.

3. Menggunakan saringan sederhana

Sama – sama tidak punya mixer ataupun kocokan manual ? tenang kamu bisa memanfaatkan saringan sederhana yang ada kok. Caranya, kamu perlu menyiapkan bahan – bahan sesuai ketentuan biasa, yakni kopi, gula pasir dan air panas, ketika sudah tercampur dengan rata, selanjutnya campuran dituangkan pada piring ceper, kemudian kamu bisa mulai mengaduknya menggunakan saringan sederhana tersebut (pastikan saringan mencapai dasar piring), teruslah mengaduk sampai tekstur berubah menjadi foam (kurang lebih 6 menit), terakhir siap disajikan di wadah gelas kaca.

Jika kamu tidak memiliki alat apapun, mencampurkan bubuk dengan whipped cream jadi bisa menjadi solusi. Caranya tinggal mencampur semua bahan dengan mengaduknya memakai sendok biasa ataupun blender, tinggal menambahkan es batu dan susu full cream kopi dalgona sudah siap dinikmati.


Post a Comment

0 Comments