Cara Mencari Ide Menulis Untuk Blog

Ide dan gagasan sering kali menjadi kendala saat kita ingin menulis di blog yang kita miliki, mencari judul saja terkadang bingung apalagi kemudian menulisnya pasti lebih bingung lagi. Namun sebenarnya jika kita ingin menjadi blogger yang sukses tidak boleh menyerah, meskipun kita di tuntut untuk menulis setiap hari dan memunculkan ide yang fresh. Hal ini sudah menjadi resiko bagi blogger yang serius dan focus menekuni bidangnya. Tidak sedikit juga dari mereka yang menekuni blog ini kemudian sukses dengan hasil yang memuaskan dari segi financial.


Namun kesuksesan tersebut diperolehnya dengan cara yang tidak mudah, kalau istilahnya kita sering menyebutnya dengan berdarah-darah. Menulis adalah salah satu hal yang utama dalam ngeblog ini, mencari ide dan gagasan adalah bagian dari serentetan menulis. Tak sedikit dalam hal mencari ide dan menulis banyak dari mereka yang frustasi dan berhenti ngeblog. Hal ini biasanya dilatarbelakangi ngeblog yang dilakukan berorientasi pada orientasi pada profit saja yang mengandalkan iklan.

Akan tetapi berbeda untuk mereka yang suka ngeblog karena hobi dan suka menulis, meskipun mereka minim modal biasanya tetap jalan. Maka dari itu dalam ngeblog ini kita harus tentukan orientasi dulu, Jika kamu suka ngeblog maka kita bangun orientasi kita dulu. Tidak apa-apa jika orientasinya uang, tidak masalah jika karena hobi, tidak masalah kalau ngeblog karena suka nulis yang terpenting kita harus siap mental sesuaikan dengan orientasi kita, sehingga kita menjadi seseorang yang tidak gampang menyerah.

Dari pada kita panjang lebar kesana kemari, aku juga mau berbagi nih sesuai tema diatas yaitu mengenai pengalaman cara mencari ide menulis untuk blog, mungkin ini bisa membantumu.

Cara Mencari Ide Menulis untuk Blog yang Mudah

Mencari Ide Menulis dari Informasi yang Sedang Trending

Pertama yang kamu bisa lakukan yaitu mencari ide dari informasi yang sedang trending, ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan google trends. Ini bisa membantu Anda mencari informasi yang sedang banyak dicari oleh netizen, dengan kita membuat artikel yang dicari banyak orang, maka tentu saja akan memberikan kunjungan yang banyak di blog kita.

Namun biasanya jika kita membahas sesuatu yang sedang viral saja, datangnya pengunjung juga diwaktu itu saja. Namun saya kira dengan menggunakan google trends ini sangat membantu kita untuk mendapatkan ide yang bagus.

Menulis Curahan Hati, atau Aktifitas kita Sehari-hari

Kalau kamu jago menulis tentu saja sejengkal langkah yang kamu lakukan pasti bisa kamu deskripsikan, nah aktifitas yang kamu lakukan pun tidak masalah untuk kamu tulis. Siapa tau dari hal-hal kecil yang kamu lakukan ternyata malah membuat blog yang kamu miliki dikunjungi oleh banyak orang.

Menulis dari Permasalahan yang Timbul

Sekarang ini banyak media social yang bisa kita gunakan seperti facebook, instagram, twitter dsb. Tak sedikit dari interaksi social yang ada di media online tersebut terkadang juga ada sebuah permasalahan yang harus dipecahkan, sehingga timbul pertanyaan-pertanyaan. Coba untuk bergabung di grup-grup media social yang ada, siapa tau disana ada pertanyaan-pertanyaan yang kemudian butuh pemecahan dan Anda bisa menulisnya dengan memberikan berbagai solusi yang bisa kamu berikan.

Mencari di Halaman Google

Coba saja ketika apa saja yang terlintas di kepala ke mesin pencari google, biasanya di bahwanya akan diberikan saran pencarian untuk beberapa keywoard yang relevan dengan volume pencarian dalam kurun waktu tertentu. Keywoard recomendasi dari google tersebut bisa menjadi acuan juga untuk kamu mengembangkan ide tulisan mu.

Dari beberapa cara tersebut, kamu bisa menggunakan salah satu ataupun semuanya. Dalam dunia yang kita tekuni sebaiknya kita mencari cara yang paling nyaman untuk memudahkan dan membuat kita betah dengan pekerjaan ataupun hobi yang kita miliki. Tidak ada patokan khusus untuk cara mencari ide menulis untuk blog tersebut.

Bagi Anda yang mungkin punya ide namun malas untuk menulis jika cukup modal maka bisa menggunakan jasa penulis artikel, kini sangat banyak kita temukan di media online yang siap membantu Anda.