Cara Menanam Bunga Anggrek

Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias. Adanya bunga anggrek ini dapat meghidupkan suasana halaman dengan bunga yang cantik dan variasi warnanya. Tak hanya dapat ditanam halaman rumah, bunga anggrek pun bisa ditanam di ruangan. Bunga yang memiliki banyak variasi warna dan bentuk ini dijadikan tanaman hias yang perlu dibudidayakan. Beberapa jenis bunga anggrek bahkan diketahui langkah. Dengan adanya hal itu, maka biasanya jenis tertentu memiliki harga jual yang terbilang tidak murah, yakni ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah.


Cara menanam bunga aggrek begitu muda. Akan tetapi tergantung dengan jenis bunga anggrek yang ditanaman. Sekian banyak jenis tanaman bunga anggrek yang menyebar di Indonesia. Penyebaran jenis tersebut dari mulai daerah tropika hingga sirkumpolar. Tanaman yang memiliki ciri berbentuk oval memanjang ini biasanya tidak hanya untuk tanaman hias, akan tetapi dapat digunakan sebagai tanaman obat. Tak jarang masyarakat tradisional pun memakai anggrek sebagai penyembuh penyakit gigi dan telinga.

Anggrek yang memiliki berbagai macam manfaat ini diserbu oleh berbagai macam kalangan. Tak hanya pembudidaya yang berusaha menemukan jenis anggrek baru, akan tetapi kalangan muda-mudi pun berduyun-duyun memiliki jenis bunga anggrek yang langkah.

Karakteristik Tanaman Anggrek

Anggrek yang dikenal sebagai tanaman hias ini telah banyak ditanam di halama rumah warga. Tanaman yang memiliki mahkota bunga indah membuat sebagian besar warga melestarikan. Hal ini bisa diamati melalui bentuk dan struktur pada kelopaknya. Ciri-ciri anggrek yang lain adalah masa berbunganya cukup lama.

Bunga anggrek memiliki berbagai macam jenis. Dari mulai warnah cerah hingga gelap. Pada masing-masing warna memiliki keunggulan tersendiri. Angggrek yang memiliki mahkota cerah digunakan untuk memikat organisme agar mempermudah proses penyerbukan. Biasanya organisme yang membantu penyerbukan memilih bunga anggrek yang berwarna cerah seperti putih dan kuning.

Kebanyakana tanaman jenis anggrek memiliki akar yang menempel di pohon. Namun tidak menutup kemungkinan anggrek dapat di tanah, seperti jenis bunga anggrek yang diberi nama anggrek tanah. Anggrek yang menempel pada pohon biasanya membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya.

Menaman Bunga Anggrek Agar Subur Dan Sehat

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek adalah cara menanamnya. Cara menanam bunga anggrek tidak sembarangan. Ada anggrek yang membutuhkan perawatan khusus seperti anggrek hitam. Anggrek memerlukan kondidi lingkungan yang sesuai dengan jenis bunga yang ditanam. Pada umumnya, bunga anggrek membutuhkan intensitas cahaya sekitar 12 jam.

Agar bunga anggrek tumbuh sehat dan subur perlu diperhatikan kelembapannya. Dengan adanya kelembapan yang dibutuhkan oleh anggrek ini maka yang sangat penting adalah sirkulasi udara yang digunakan. Proses mengangkut zat makanan dari akar ke daun tergantung dengan sirkulasi udara atau angin.

Biasanya untuk melengkapi zat yang diperlukan oleh tanaman ini tak jarang menggunakan pupuk. Penggunaan pupuk tentu sesuai anjuran pemupukan yang ada. Kebanyakan orang Indonesia menanam bunga anggrek dengan mesia mos atau sabut kelapa. Sabut kelapa berfungsin mengontrol kelembapan dan sirkulasi udara. Dengan adanya rongga ada sabut kelapa dapat menjaga kestabilan air. Pada dasarnya tanaman anggrek tidak membuthuhkan air yang melimpah seperti tanaman pada umumnya.

Kebanyakan orang yang menginginkan agar tanaman anggreknya tumbuh dengan rapi dan bersih dengan menggunting akarnya. Padahal, akar yang telah digunting mempermudah tanaman ini terserang hama penyakit. Agar tanaman terlihat cantik dan sehat, anggrek bisa dipindahkan ke media yang lebih besar.