Menerjemahkan Kalimat sebagai Metode Belajar Bahasa

Ada banyak sekali metode belajar yang bisa Anda gunakan untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris Anda. Mungkin yang paling sering disarankan adalah membaca buku favorit, menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game. Apakah Anda sudah mencobanya? Jika belum, tidak ada salahnya untuk dicoba. Namun selain itu, belajar untuk terbiasa menerjemahkan kalimat bahasa Inggris juga bisa digunakan untuk metode belajar Anda.


Jika Anda seorang karyawan, cobalah untuk menerjemahkan kalimat bahasa Inggris bisnis yang kemungkinan akan sering atau bahkan sudah sering Anda gunakan di kantor. Misalnya apabila Anda menerima email dalam bahasa Inggris, cobalah untuk menerjemahkannya sendiri jangan menggunakan translator online. Namun, apabila Anda seorang pelajar, Anda bisa mulai menerjemahkan kalimat bahasa Inggris di buka mata kuliah Anda. Biasakan untuk menerjemahkan secara mandiri, tidak instan.

Semua metode belajar bahasa Inggris bisa Anda terapkan satu persatu, tinggal Anda seleksi saja mana yang cocok untuk Anda dan mana yang tidak. Yang perlu diingat adalah niatkan untuk menjadi berhasil dan ahli dalam bahasa Inggris jika Anda memang benar-benar menginginkannya. Seleksi metode seefektif mungkin dan jangan sampai Anda memberikan kesempatan kepada diri Anda untuk bermalas-malasan.

Berikut beberapa tips menciptakan kebiasaan yang baik untuk belajar :

1.  Rencanakanlah pembelajaran Anda

2.  Gunakan bahasa Inggris dalam mengobrol atau membahas sesuatu yang Andai sukai

3.  Dengarkan lagu-lagu kesukaan Anda

4.  Menonton film dan TV kesukaan Anda, usahakan yang ringan

5.  Jangan khawatir tentang kesalahan, karena yang sudah ahli pun pasti pernah melakukan Kesalahan

6.  Rekam dan dengarkan diri Anda sendiri, hal ini bisa membantu Anda untuk mengoreksi pengucapan yang mungkin masih ada salahnya

7.  Cobalah meniru, meniru orang bicara dengan logat bahasa Inggrisnya

8.  Buat catatan

9.  Perbaiki kosakata Anda

10. Bagikan tujuan Anda