PENJELASAN TABUNGAN PENDIDIKAN DAN ASURANSI PENDIDIKAN

Pemerintah sebenarnya telah mencanangkan program pendidikan gratis, namun ironisnya biaya pendidikan di luar iuran bulanan justru semakin mahal dari tahun ke tahun. Sekolah favorit hanya sedikit yang mengikuti program sekolah gratis. Dengan kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang, maka Anda harus benar benar pintar mengelola dana pendidikan putra dan putri. Jangan sampai mereka mempunyai masa depan yang suram karena kurang mengenyam pendidikan. Sebaiknya mulai mempersiapkan wadah dana pendidikan sejak dini bagi si kecil.


Pada dasarnya ada 2 wadah dana pendidikan, yaitu tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Banyak nasabah bank yang menyamakan keduanya, karena jika dilihat sekilas hampir sama, yaitu sama sama menyiapkan dana pendidikan. Tetapi sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan, seperti karakteristik dan tingkat resiko yang sangat berbeda. Orang tua yang masih awam asuransi cenderung memilih tabungan pendidikan, karena banyak kemudahan dalam prosesnya meskipun kadang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Tabungan pendidikan adalah semacam tabungan rencana, posisi bank adalah membantu nasabah memastikan selalu menabung dalam jumlah besaran yang sama dengan jangka waktu yang telah disepakati. Sebelum jangka waktu berakhir dana tidak bisa ditarik. Jumlah uang yang didapat akan sama dengan jumlah cicilan yang telah dibayar.

Sementara asuransi pendidikan skema pembiayaannya mirip tabungan pendidikan. Bedanya, premi yang dibayar akan diputar kembali oleh bank sebagai bentuk investasi jangka Panjang. Sehingga ketika jangka waktu yang ditentukan nasabah ingin mencairkan dananya, jumlahnya bisa lebih dari perkiraan atau juga kurang bergantung pada kondisi investasinya. Umumnya perusahaan asuransi di Jakarta pasti menyediakan asuransi pendidikan.

Secara harfiah asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang memberikan proteksi sekaligus investasi bagi pihak terjamin yang sekaligus menjadi ahli waris pemegang polis. Sementara premi bulanan atau tahunannya dibayarkan oleh pemegang polis. Asuransi pendidikan seringnya sudah mencakup juga asuransi jiwa.

Asuransi pendidikan beda dengan tabungan pendidikan, sebabnya premi yang Anda bayar tiap bulan akan dikelola menjadi bentuk investasi baik untuk reksa dana maupun saham. Karena itulah asuransi jiwa dananya bisa berkembang setelah jangka waktu tertentu. Biasanya baru berkembang di tahun ke-6. Agar selalu terjamin pilihlah asuransi terbaik di Indonesia agar berinvestasi dengan aman.