Cara Merawat Anggrek, Ini Tips Yang Bisa Dilakukan

Anggrek adalah tanaman hias yang sangat menarik dilihat, tanaman ini banyak kita temukan dengan berbagai jenis corak dan warna berbeda. Setiap corak dan warna tentunya memiliki nama yang unik, sangat serasi dengan bunganya. Bunga anggrek juga banyak disukai oleh kolektor bunga, ini karena anggrek memiliki pesona yang tidak membosankan.

cara merawat anggrek

Bagi para pecinta anggrek, tentu Anda harus tahu mengenai cara merawat anggrek tersebut.

Cara Merawat Anggrek Yang Benar

1. Berikan Tempat yang Ideal

Bagaimana tempat untuk menanam anggrek yang baik? caranya yaitu Anda bisa membuat rumah anggrek terlebih dahulu. Dengan cara meletakkan anggrek di rumah lindung yang mempunyai kelembapan serta intensitas cahaya yang ideal. Berapa cahaya yang baik untuk tumbuh kembang anggrek? Cahaya yang di dapatkan harus bekisar antara 50-70%.

Rumah yang dibangun yaitu dengan dengan atap dari paranet, ini supaya kriteria cahaya yang masuk bisa terpenuhi dengan baik. selain itu Anda juga harus rajin untuk membersihkan rumah anggrek tersebut, sebaiknya Anda membersihkan daun dan sampah yang berceceran yang ada di sekitarnya.

2. Menyediakan Media Tanam yang Cocok

Selain menyediakan tempat atau rumaah anggrek yang tepat, dalam hal ini untuk media tanam bunga anggrek ini juga memiliki aturan. Seperti apa? Anda susun 2 sisi, ini supaya bunga anggrek terlihat sehat dan bisa berbunga yang banyak. Susunannya tersebut terbuat dari potongan batu bata, yang mengisi 1/3 per sisinya dan pakis untuk mengisi 2/3 sisanya.

Berikutnya untuk pot yang digunakan, ini juga harus terbuat dari tanah liat. Ini bisa dibilang hal yang harus digunakan untuk menanam anggrek, supaya anggrek bisa tumbuh dengan maksimal. Jangan lupa untuk melubangi pot nya supaya bisa tumbuh lebih baik dengan adanya sirkulasi tersebut.

3. Rajin Menyiram Anggrek

Menyiram anggrek tidak bisa dianggap sebelah mata saat Anda menanamnya, biasanya aktifitas ini sering kali diabaikan sehingga pertumbuhan anggrek tidaklah maksimal.

Maka dari itu jika Anda menanam anggrek ini sebaiknya melakukan penyiraman secara rutin sebanyak dua kali sehari, yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Namun Anda tidak perlu menyiramnya, kalau hari itu terjadi hujan lebat. Anda bisa melakukan rutinitas tersebut yaitu setiap jam 07.00-09.00, untuk pagi dan sore maka Anda bisa menyiram pada pukul 15.00-17.00.

Sebaiknya juga Anda hidari menyiram air terlalu banyak, karena ini bisa merusak struktur tanaman. Bahkan ini juga bisa mengakibatkan kelembapannya meningkat, sehingga anggrek menbusuk dan kemudian ditumbuhi oleh jamur dan bakteri.

4. Jangan Lupa Memberikan Pupuk

Memupuk merupakan salah satu cara supaya anggrek bisa tumbuh dengan baik, dan ini tentu saja tidak bisa ditinggalkan untuk tanaman manapun termasuk anggrek ini. Anda bisa memberikan pupuk pada bunga anggrek yang baru saja bertunas dan baru saja memiliki banyak bunganya. Anda bisa memilih pupuk yang memiliki kandungan unsur hara yang tinggi.

Untuk memupuknya Anda bisa melakukan dengan cara menyemprot serta menyiramnya, Anda juga bisa menggunakan pupuk yang ditaburkan di media tanam anggrek. Anda bisa memberikan pupuk kurang lebih 3 kali dalam waktu seminggu. Dalam hal ini juga perlu diingat, bahwa memberi pupuk tidak boleh berlebihan, ini bisa membuat tanaman jadi kerdil. Maka dari itu berikan pupuk seperlunya.

5. Berikan ZPT atau Hormon

Jika Anda menginginkan anggrek tersebut memiliki bunga lebih banyak lahi, maka Anda bisa memberikan ZPT atau biasanya disebut dengan hormone gibrelin. Tahukah Anda bahwa zat ini bisa memacu pertumbuhan bunga anggrek.

Kalau Anda ingin aman, maka bisa menggunakan cara yang tradisional. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan air kelapa kurang lebih sebanyak 150 ml. cara memberikannya yaitu dengan menyemprotkannya ke semua bagian anggrek serta akarnya. Untuk pemberiannya ini bisa dilakukan tiga kali dalam waktu satu minggu, untuk pemberiannya yaitu pagi dan sore hari.

6. Berikan Obat Untuk Sesekali Waktu

Tak dipungkiri bahwasannya hama dan penyakit sering kali menyerang berbagai macam tanaman, termasuk yaitu bunga anggrek. Pencegahan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara membersihkan lingkungan sekitar gulma, serta sampah dan kotoran pada daun.

Akan tetapi ada baiknya dalam hal ini kalau Anda memberikan pestisida seminggu sekali, jika tanaman anggrek sudah terlanjur diserang oleh hama maka Anda bisa menggunakan insektisida. Begitu juga pada saat terserang jamur, Anda juga bisa memberikan fungisida dan bakteri bisa menggunakan bakterisida.

7. Mengatur Tata Letak Bunga

Mengatur tata letak dari tanaman anggrek ini juga sangat penting, Anda bisa menaruh pot-pot anggrek tersebut serapi mungkin. Untuk tingginya bisa Anda setting kurang lebih satu meter dari permukaan tanah, selain itu hindari juga penempatan di lokasi yang berjenjang. Ini supaya aliran udara tidak terhambat.

Kemudian untuk kelembapan udara juga harus dijaga, yaitu sekitar 60-70%, untuk membuat kondisi yang seperti ini bisa Anda bangun kolam dibawah anggrek.

Nah itulah cara merawat anggrek supaya bisa tumbuh dengan baik dan berbunga yang banyak.