Aplikasi Edit Video

Konten video saat ini sangat banyak diminati, terlebih akhir-akhir ini semakin merebaknya para youtuber. Tidak dipungkiri bahwasannya dengan menjadi youtuber mereka menginginkan untuk bisa sukses, banyak uang berpenghasilan dari menjadi publisher google adsense di youtube tersebut. sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang berbondong-bondong untuk membuat video dijadikan konten. 

Aplikasi Edit Video

Namun semua itu tidak semudah membalikkan tangan, ada tahapan yang harus dilewati. Sebelum kita bisa memonitse video yang kita buat, maka sangat penting bagi kita untuk membuat konten yang berkualitas. Baik dari jenis konten, subtansinya sampai dengan kualitas video, dalam hal ini kita akan membahas mengenai bobot dari video tersebut terutama dari sisi editornya.

Dalam membuat Video kita tidak boleh sembarangan dalam melakukan edit Video, semua itu ada rumus dan ilmunya. Yang tidak kalah pentingnya yaitu aplikasi edit video yang Anda gunakan, tentunya akan sangat berpengaruh pada hasil yang akan di dapatkan dari video tersebut. Lantas apa saja Aplikasi yang bagus digunakan untuk mengedit konten?

Sebenarnya untuk aplikasi yang digunakan mengedit video ini ada banyak sekali, yang perlu untuk Anda jadikan landasan terlebih dahulu hardware pendukungnya. Apakah Anda menggunakan PC, iPhone, android atau PC ringan. Dari kesemuanya tersebut tentu memiliki sinkronasi aplikasi yang berbeda-beda, ada yang tersedia secara online maupun offline.

Disini kita akan membahas terlebih dahulu aplikasi edit video yang digunakan untuk PC. Yuk lihat dibawah ini;

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

1. Adobe Premiere Pro

Ini merupakan salah satu program untuk mengolah Video, biasanya aplikasi ini pilihan dari kalangan yang professional. Selain itu program aplikasi yang satu ini juga banyak dipakai oleh perusahaan yang membuat film/sinetron, broadcasting dan dalam dunia pertelevisian.

Adobe Premier Pro ini mempunyai 45 efek dan lebih dari 10 efek audio, dengan ini Anda akan dapat mengedit video maupun audio dengan mudah, efek yang diberikan tersebut bisa digunakan untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip yang dibuat.

 

Adobe Premiere Pro

Untuk beberapa efek juga memerlukan kartu grafis yang memiliki kualitas tinggi, akan tetapi dari 45 efek tersebut hanya ada 3 efek saja yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi, contohnya saja yaitu seperti AMD atau NVIDIA.

Aplikasi edit video ini juga dilengkapi dengan produk efek dari pihak ketiga, tentu saja mendukung Adobe Premiere pro. Ada kurang lebih sekitar 30 macam transisi untuk perpindahan antar klip, sehingga peralihan antar klip tersebut tentunya lebih dinamis.

Fitur penting yang dimiliki oleh Adobe Premier Pro ini antara lain yaitu;

·         Capture (perekam video monitor)

·         Trim/alat pemotong klip monitor

·         Titler/ Pembuat Judul Teks Monitor

Selain itu juga mempunyai keyframe control yang terdapat seperti ada pada Adobe After Effects, mengenai cara untuk memaksimalkannya juga hampir sama. Selanjutnya pada Titler, disini kamu bisa juga membuat teks judul atau title serta bisa mengubah property dari terks tersebut, seperti halnya mengubah bentuk huruf, memberi warna serta mengubah warnanya, tak hanya itu saja kamu juga bisa memberi garis luar, kontur, juga bisa membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk tahap yang terakhir yaitu, Anda bisa export output untuk menyimpan proyek dengan bentuk Video dan selanjutnya bisa Anda distribusikan ke berbagai media yang dapat menampilkan format Video.

2. AVS Video Editor

Ini sebagai salah satu program perangkat untuk edit video yang memiliki spesifikasi tinggi, serta bisa membantu Anda dalam mengedit video yang cukup menarik. Dengan Aplikasi ini tentu saja akan dapat memudahkan untuk para penggunanya dalam mengedit video sepertu halnya menggabungkan beberapa video, untuk memotong klip dan masih banyak lagi yang lainnya.

AVS Video Editor

Akan tetapi dalam hal ini yang perlu untuk Anda ketahui yaitu, banyak sekali versi aplikasi AVS Video yang bisa Anda unduh. Ada apa saja? Yuk lihat daftarnya dibawah ini;

·         AVS Video Editor versi 7.4.1.281

·         AVS Video Editor versi 4.2.1.165

·         AVS Video Editor versi 7.1.3.263

·         AVS Video Editor versi 7.3.1.277

·         AVS Video Editor versi 7.1.4.264

3. VirtualDub

Ini merupakan salah satu aplikasi untuk edit video di PC yang gratis berbasis Windows. Aplikasi tersebut sangat simple dan bisa digunakan untuk video editor. VirtualDub ini mempunyai feature yang bisa digunakan untuk merekam gambar yang terdapat di monitor computer.

VirtualDub

Dalam aplikasi ini, untuk video yang sudah Anda buat bisa Anda taruh dengan formay AVI. Tidak hanya itu saja, di VirtualDub ini juga ada feature seperti menghapus serta mengganti audio dari video yang Anda kehendaki, selain itu juga bisa bisa memberikan dampak blur, sharpen, embas dan lain sebagainya. Jadi legkap kan?

4. Sony Vegas Pro

Aplikasi ini merupakan salah satu software editing video yang juga cukup dikenal oleh kalangan para editor. Pada awalnya ini diterbitkan oleh Sonic Foundry, yang saat ini dimiliki serta di jalankan oleh Sony Creative Software.

Sony Vegas Pro

Awal mulanya Sony Vegas Pro ini sengaja dikembangkan untuk editor Video, namun pada akhirnya berkembang menjadi sebuah NLE digunakan untuk video dan audio dengan versi 2.0.

Aplikasi edit Video yang satu ini memiliki beberapa fitur, diantarnya realyime multitrack video dan audio editing untuk trek yang tidak terbatas, kemudian sequencing video beresolusi independen, memiliki fitur efek yang cukup kompleks dan tak lupa yaitu alat-alat compositing dan masih banyak lagi lainnya fitur yang dimiliki mendukung proses editing yang kamu lakukan.

5. Corel Video Studio

Nama editing Video yang satu ini sudah tidak asing terdengar ditelinga kita, dengan menggunakan apikasi ini Anda bisa dengan mudah menghasilkan video dengan kualitas tinggi. Software edit video ini cukup banyak digunakan, oleh para profrsional editor. Ini karena Aplikasi edit Video tersebut memiliki interface yang sangat simple, sehingga sangat mempermudah Anda dalam membantu proses berjalannya editing video.

Pada aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur yang canggih, contohnya seperti fitur color Grading, Chroma Key, , royalty-free music library, customize Motion Path dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengedit video 360 derajat mudah.

Efek yang dimilikinya sangat menarik, Anda bisa memberi efek yang bisa mempercantik video dengan menggunakan ultimate Effects Collection. Nah Aplikasi ini mempunyai fitur yang lebih lengkap, jika dibandingkan dengan versi yang Pro. Selain itu Anda juga bisa menikmati corel video studio templates

Software ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding dengan versi pro-nya. Kalian juga dapat menikmati corel videostudio templates. Wah dengan nyaris lengkapnya fitur yang dimiliki, akankah suatu saat aplikasi ini dapat menandingi Adobe Premiere Pro? Aplikasi ini bisa digunakan untuk Windows 10/8/7 dengan sistem 64 bit. Untuk Windows 32 bit kalian bisa gunakan Corel VideoStudio Ultimate v21. Jadi langsung aja download Corel VideoStudio ultimate 2019 full version v22.3.0 gratis pada panel google drive dibawah.

6. Windows Movie Maker

Ini merupakan salah satu Aplikasi edit video yang bisa Anda pilih, meskipun tidak bergitu terkenal namun sebenarnya aplikasi ini bisa dibilang cukup recommended untuk bisa Anda gunakan sebagai editng. Jika Anda menggunakan aplikasi ini tentunya gratis berbeda dengan aplikasi edit video yang lainnya.

Windows Movie Maker

Namun meskipun gratis Anda tak perlu khawatir dengan performance yang dimilikinya, karena software ini terintegrasi baik dengan software buatan Microsoft, jadi sangat cocok sekali dengan windows. Berbagai ragam fiturnya terintegrasi secara khusus dan rapi, sehingga menjadikan edit video lebih mudah dan sangat praktis. Mengenai ukuran file yang dimilikinya juga kecil tak perlu takut dengan spacenya hanya sebesar 200 MB. Sehingga Anda lebih mudah mendownloadnya dan lebih mudah menginstallnya. Tentu saja aplikasi Windows Movie Maker ini sangat cocok untuk para youtuber.

7. Avidemux

Ini merupakan sebagai salah satu software Video editor yang gratis dan sengaja di desain berguna untuk melakukan hal yang sederhana. Contohnya yaitu seperti memotong scene, filter, dan encoding.

Avidemux


Selain itu Aplikasi edit video Avidemux ini juga mendukung banyak format file seperti AVI, DVD, MPEG, MP4 dan ASF. Selain itu juga mempunyai banyak sekali codecs, ini akan sangat memudahkan Anda dalam membuka berbagai macam format file.

Aplikasi ini bisa Anda download di Linux, BSD, Mac OS X, serta yang paling banyak digunakan yaitu Microsoft Windows.

8. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio adalah program komputer untuk editing film. Pengoperasiannya cukup mudah dan tidak ribet seperti program program editing yang lain.

Pinnacle Studio

Pinnacle Studio juga memberikan beberapa transisi standard, dilengkapi juga transisi khusus yang perlu di unlock dengan register di situs resminya.

Program ini juga menyediakan untuk output film ke berbagai format media, seperti wmv, avi, mpg, mp4 dll. Program ini patut dilirik bagi anda yang sedang berkecimpung di dunia editing.

Apabila anda mempunyai komputer dengan spesifikasi pas-pasan, jangan khawatir, software ini tidak membutuhkan spesifikasi yang berlebihan seperti core 2 duo atau RAM 1 GB. Anda hanya membutuhkan space untuk menyimpan video hasil editing anda.

9. HitFilm Express

Ini sebagai salah sati Aplikasi edit video yang cukup recommended dan bisa Anda peroleh secara gratis. Aplikasi ini mempunyai tools yang sangat lengkap, serta dengan sajian yang sederhana. Software ini mempunyai ketangguhan, ini ditunjukkan dengan berbagai film ternama yang sengaja diciptakan.

HitFilm Express


Apa saja fitur dari HitFilm Expres ini?

Pada aplikasi ini terdapat beberapa fitur, diantaranya yaitu;

·         Memiliki ukuran file kecil sekitar 400MB

·         Dibekali dengan fitur colour grading

·         Memiliki pilihan template visual effect

·         Dapat digunakan untuk edit motion grafis.

·         Tampilan workflow yang cukup sederhana.

·         Sudah mendukung akselerasi GPU yang berguna untuk proses render.

·         Mendukung anti-aliasing sampai 32x MSAA.

10. Camtasia

Pasti Anda sudah tidak asing dengan nama aplikasi edit video yang satu ini, yaitu camtasia. Aplikasi ini tentu saja sudah tidak asing terdengar ditelinga kita, Camtasia Studio merupakan aplikasi yang bisa Anda download secara gratis untuk PC Windows, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam layar dan mengedit video. Akan tetapi penggunanya lebih sering menggunakan untuk aplikasi tersebut dalam merekam layar.

Camtasia

Selain itu aplikasi tersebut juga dapat dipakai untuk membuat video tutorial, demo, presentasi, dan berbagai video instruksional.

Selain itu masih ada aplikasi yang lainnya, yaitu seperti Kate’s Video Toolkit, VSDC Free Video Editor, OpenShot dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa diatas tadi merupakan aplikasi edit Video yang digunakan untuk PC, namun jika Anda menginginkan aplikasi edit video HP, maka kita akan membahas selanjutnya.

Aplikasi Edit Video Di Iphone

Aplikasi Edit Video Di Iphone

Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark