Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memilih Durian Manis Pahit

Durian adalah salah satu buah yang banyak digemari, namun juga banyak orang yang tidak menyukainya. Bagi penggemar durian musim durian merupakan waktu yang paling dinantikan. Ketika membeli durian pastinya kita menginginkan kalau durian itu rasanya enak, biasanya yang enak yaitu manis dan ada pahit-pahitnya dikit, selain itu yang biasanya menjadi pilihan dari segi dagingnya yang tebal dan biji durian kecil. Untuk memilih durian tentunya bukan perkara yang mudah, karena kita hanya bisa mengira-ngiranya saja hasilnya setelah kita buka juring daripada durian tersebut.


Memang tidak mudah untuk memilih durian seperti yang kita harapkan, namun setidaknya beberapa cara ini bisa menjadi pengetahuan untuk Anda Ketika memilih durian. Seperti apa caranya? Yuk lihat dibawah ini.

Cara Memilih Durian Yang daging Tebal dan Manis Pahit

Pilih yang bulat

Seperti yang kita ketahui biasanya durian mempunyai bentuk yang lonjong ataupun bulat, durian yang mempunyai bentuk lonjong biasanya cenderung mempunyai daging buah yang lebih tipis. Anda dapat memilih bentuk durian yang bulat, karena biasanya dengan memilih jenis yang bulat ini Anda akan memperoleh durian yang daging buahnya lebih matang dan tebal.

Lihat dari Juring atau durinya

Ketika kita memilih buah durian, maka kitab isa melihat dari segi duri yang dimilikinya. Kalau duri dari buah durian tersebut memiliki bentuk yang pendek dan mempunyai jarak, ini tentu saja menjadi pertanda kalau durian tersebut mempunyai rasa yang lebih manis disbanding dengan duri yang Panjang dan berdekatan.

Bentuk tangkai Mempengaruhi daging durian

Biasanya buah durian yang dijual masih terdapat tagkai sedikit, ini biasanya berguna untuk memudahkan pada saat mengambilnya. Sehingga kita juga bisa menjadikan acuan untuk memilih buah durian yang tepat. Sebaiknya Anda bisa memilih buah durian yang memiliki tangkai tebal, kenapa demikian? Karena biasanya yang tangkainya tebal juga memiliki daging yang lebih tebal.

Selain itu Anda juga bisa memilih tangkai yang masih memiliki kandungan getah, bukan tangkai yang sudah kering. Kalau sudah kering ini biasanya buah durian sudah lama dipetik dari pohonnya.

Aroma Buah Durian

Dari segi aroma kita juga bisa melihat kondisi dalam buah durian, jika buah durian tersebut harus biasanya ini juga mempunyai daging buah yang manis pahit.

Cek Dari Suara Buah Durian Saat Anda Ketuk

Kita bisa memilih kondisi buah durian pada saat akan membelinya, serta dilakukan dengan cara mendengarkan suaranya pada saat diketuk. Kalau bunyinya cenderung berat, maka ini berarti buah durian memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Akan tetapi sebaliknya kalau suaranya seakan tidak mempunyai rongga di dalamnya, maja bisa dibilang dalam hal ini buah durian sudah tidak segar lagi.

Pada sisi yang lainnya Anda juga dapat memastikan yaitu dengan cara menggoncangkannya. Jika terdapat sedikit goncanang, maka ini berarti sudah matang karena daging buah mulai terpisah dari dinding kulit dari bagian dalam.

Cek Beratnya

Ternyata buah durian yang memiliki daging tebal, maka memiliki berat yang ringan dari pada durian yang dagingnya tipis. Maka dari itu Ketika Anda membeli buah durian sangat disarankan untuk coba mengankat-angkatnya terlebih dahulu. Selain itu Anda juga bisa menimbangnya, pada umumnya buah durian yang matang sempurna mempunyai bobot satu sampai dengan 2 kilogram.

Perhatikan Kondisi kulit Buah Durian

Penting untuk Anda melihat kondisi dari kulit buah durian, biasanya dalam hal ini terdapat buah durian yang sudah mempunyai kulit sedikit terbuka maka jangan dipilih. Sebaiknya Anda pilih durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Kenapa demikian? Biasanya jika kulit durian Sudah terbuka, maka durian akan terasa hambar dan anyep

Nah Itulah beberapa cara dalam memilih buah durian, tentunya ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli buah durian.