Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jenis-Jenis Jasa Percetakan

Di era seperti sekarang ini pastinya Anda sudah sangat mengenal Namanya percetakan, ada berbagai macam jasa percetakan ini. Mungkin Anda Ketika mengenal nama percetakan dalam benak hati Anda tetap berfikiran bahwa percetakan itu sama saja semuanya.

Maka dari itu kita kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis jasa percetakan, ini supaya Anda mengetahui jenisnya supaya tidak salah menggunakan jasanya. Yuk lihat informasinya disini.

Jenis-Jenis Jasa Percetakan Penting Anda Tahu

Digital Printing

Ini merupakan salah satu jenis percetakan yang sangat dikenal oleh masyarakat luas, biasanya jenis percetakan ini juga banyak bisa kita temukan ada di desa-desa. Biasanya percetakan ini melayani Anda walaupun hanya 1 lembar saja untuk cetak yang Anda lakukan. Kini digital printing ini menjadi solusi juga untuk Anda yang ingin mencetak spanduk, sticker, kartu nama, brosur, flyer, sampai dengan mug dan berbagai macam macam aksesoris lain.

Offset Printing

Ini berbeda dengan digital printing, ini menggunakan mesin yang focus bahan cetakannya yaitu kertas. Jenis ini memiliki kelebihan yaitu harganya cukup murah serta efisien untuk Anda yang ingin mencetak dengan jumlah yang banyak. Seperti kalau Anda menginginkan untuk  mencetak dengan jumlah 5000 lembar atau lebih.

Pada printing offset tersebut pengerjaannya bisa Anda kerjakan dengan baik dengan menggunakan offset printing yang untuk percetakan nya yaitu dengan menggunakan media kertas seperti brosur, amplop, buku, paperbag, majalah, sampai dengan kardus kue.

Sablon

Ini merupakan jenis percetakan berikutnya, yaitu sablon. Pada zaman dahulu sablon ini dilakukan dengan cara manual, caranya dengan menaruh tinta ke atas screen yang akan di sablon. Namun beberapa tahun terakhir ini sudah banyak yang menyediakan jasa sablon dengan menggunakan mesin. Karena dengan menggunakan mesin, penyablonan yang dilakukan lebih efisien dan cepat, hasil yang didapatkannya juga lebih baik. Untuk cetak sblon sendiri biasanya menggunakan media yang berbahan kain, kertas sampai dengan plastic.

Flexo

Mesin dari percetakan flexo memiliki perbedaan dengan yang lainnya. Untuk bahan material atau media yang digunakan yaitu memiliki bentuk roll ataupun gulungan. Selain itu digital printing dan printing offset ini juga menggunakan media dengan bentuk yang memiliki lembaran terpisah. Kelebihan dari percetakan flexo yaitu menggunakan tinta yang dipakai mempunyai dengan harga yang terjangkau. Kemudian juga lebih murah kalau dibandingkan dengan harga tinta yang digunakan untuk cetak digital printing atau digital offset.

Rotogravure

Mesin rotogravure ini digunakan dipakai untuk mencetak je media yang memiliki bahan plastik. Contohnya cetak rotogravure pada umumnya yaitu bisa kita lihat pada bungkus makanan instan seperti mie instan, polybag dan printing serta berbagai jenis plastik lainnya. Rotogravure merupakan percetakan yang menggunakan bahan dasar plastik.

Nah itulah jenis-jenis jasa percetakan yang ada di sekitar kita mungkin selama ini kita menganggapnya dari semuanya itu sama saja. Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa itu berbeda.