Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenali Dulu Jenis-Jenis Asuransi Sebelum Anda Memilihnya

Asuransi seperti yang kita ketahui merupakan salah satu bentuk perlindungan dari adanya kerugian secara finansial. Ini sebagai salah satu bentukj pengelolaan risiko, ini lebih utamanya biasanya digunakan untuk memproteksi diri dari adanya risiko kerugian yang bisa saja datang dimasa yang depan.

Menurut dari Jasa OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Asuransi sendiri merupakan bentuk perjanjian antara perusahaan asuransi serta pemegang polis yang menjadi dasar untuk penerimaan premdi dari perusahaan asuransi.

Dari premi tersebut maka pemegang polis merupakan sebagai tertanggung untuk memperoleh penggantian dari terjadinya kerugian, kerusakan atau bahkan biaya yang timbul, kehilangan keuntungan ataupun tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin saja diderita tertanggung karena terjadinya peristiwa yang tidak terduga.

Nah namun perlu untuk Anda kertahui bahwa jenis-jenis Asuransi ada banyak sekali, semuanya sesuai dengan pertanggungannya. Apa saja Asuransi yang ada saat ini di Indonesia?

Jenis-jenis Asuransi Yang Bisa Kita Temukan di Indonesia

Berikut ini beberapa jenis Asuransi yang bisa kita temukan dengan mudah ada di Indonesia.

1.     Asuransi Jiwa

Ini sebagai salah satu jenis Asuransi yang memberikan tanggungan pembayaran pada yang tertanggung, atau kepada pihal lain yang memang berhak untuk hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup, atau sebagai pembayaran lain kepada pemengang polis, tertanggung, atau untuk pihak lain yang berhak untuk waktu tertentu yang sudah diatur pada perjanjian yang besarnya sudah ditetapkan serta didasarkan pada hasil dari pengelolaan dana.

2.     Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan produk Asuransi yang dimana untuk penanggung akan menanggung biaya perawatan penerima polis kalau jatuh satit, seperti cidera, cacar ataupun menderita penyakit sampai dengan kematian akibat terjadinya kecelakaan.

3.     Asuransi Kendaraan

Ini merupakan Asuransi yang menangai tanggungan masalah lalu lintas yang membuat cidera kepada orang lain atau pada kerusakan yang terjadi pada kendaraan oreang lain yang disebabkan oleh tertanggung.

Selain itu Asuransi kendaraan ini biasanya juga menanggung kerugian akibat terjadinya kehilangan atau terjadinya kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

4.     Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Ini merupakan Asuransi yang berguna untuk melindungi asset tertanggung dari hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan, kerusakan pada rumah atau property maupun barang-barang yang terdapat dirumah ataupun property yang memang diasuransikan oleh tertanggung. Selain itu Asuransi juga dapat melindungi tertanggung ada adanya kerugian yang disebabkan oleh musibah seperti kebakaran.

5.     Asuransi Pendidikan

Ini sebagai salah satu Asuransi yang menjamin Pendidikan anak, mengenai jumlah dari biaya premi yang harus dibayarkan tentunya berbeda-beda yaitu berdasarkan dari tingkat Pendidikan yang ingin dicapai oleh anak yang tertanggung.

6.     Asuransi Bisnis

Ini jenis Asuransi yang melindungi bisnis tertanggung yang mengalami kerusakan, kehilangan atapun kerugian yang terjadi dengan jumlah yang besar. Dalam hal ini  untuk penanggung asuransi bisnis menjamin untuk yang tertanggung memperoleh penggantian kerusakan yang diakibatkan dari berbagai musibah yang terjadi contohnya seperti kebakaran, ledakan, gempa bumi, angin ribut, hujan, kecelakaan, hingga terjadinya kerusuhan.

7.     Asuransi Umum

Ini merupakan perlindungan yang berguna untuk menghadapi adanya resiko kerugian serta kehilangan mangfaat serta tanggung jawab hukum pihak ketiga. Perlindungan untuk asuransi umum sifatnya dalam jangka pendek, pada umumnya biasanya ini sekitar satu tahun. Dalam hal ini terdapat dua jenis asuransi umum, yaitu Jaminan Sosial (Social Insurance) dan Asuransi Sukarela (Voluntary Insurance)

Selain dari 7 jenis-jenis Asuransi diatas lainnya yang bisa Anda ambil yaituAsuransi Kredit, Asuransi Kelautan dan Asuransi Perjalanan.