Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Penyebab Rambut Lepek Yang Sering Tidak diketahui

Sering kali kita merasa risih Ketika rambut kita lepek, apalagi kalau kita berada di tempat yang menjadi tempat berkumpul banyak orang pastinya kita akan merasa tidak nyaman sekali ditempat tersebut. rambut lepek ini biasanya disebabkan karena adanya minyak berlebih pada rambut, sebenarnya yang mempengaruhinya ada beberapa hal seperti pengaruh iklim dan cuaca, tingkat polusi tinggi yang menjadikan kulit kepala mudah berkeringat serta gatal, kelenjar minyak yang terlalu aktif berada di kulit kepala, kemudian juga bisa karena cara keramas yang salah, jika perempuan biasanya karena penggunaan hijab yang kurang baik juga bisa.



Sebenarnya rambut lepek ini memiliki beberapa penyebab yang mungiin tidak semua orang mengetahuinya mengenai penyebabnya tersebut. Diantaranya bisa Anda lihat dibawah ini.

Ini Penyebab Rambut Lepek Yang Sering Tidak Diketahui

1. Faktor Gen

Seperti halnya kulit wajah, kulit kepala juga mempunyai kelenjar minyak yang juga memiliki produksi sebum yang tentunya ini tidak sama untuk setiap orang. Sebaiknya dalam hal ini Anda lihat dari anggorta keluarga utamanya orang tua mu. Lihat saja, apakah rambut mereka cepat berminyak? Jika iya, maka ini merupakan kecenderungan rambut lepek lebih besar karena adanya factor gen tersebut.

Jika memang karena factor genetic, maka kita tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya. Sehingga yang bisa kamu lakukan hanya perlu menjaga supaya minyak yang ada dikepala tidak mengalami penumpukan dengan cara rutik keramas.

2. Cuaca Panas

Bagi kaum Wanita rambut lepek merupakan salah satu masalah yang serius, ini biasanya disebabkan oleh adanya cuaca panas dan lembab khalayaknya cuaca di negara tropis.

Pada saat Anda kegerahan, maka keringat akan muncul kemuaian mengalir turun, aliran keringat tersebut tentunya akan ikut membawa minyak dikulit kepala serta mendistribusikan keseluruh rambut, sehingga dalam hal ini wajar jika rambut jadi lepek setelah berpanas-panasan seharian.

3. Debu dan Polusi Jalanan

Selanjutnya yang meyebabkan rambut jadi lepek yaitu karena terkena debu serta polusi yang ada di jalanan. Ini akan sangat Anda rasakan Ketika berada dan tinggal di kota-kota besar. Adanya paparan polusi pada kulit pada umumnya akan mendorong peningkatan produksi minyak.

Karena memang partikelnya yang sangat kecil dapat menempel pada kutikula dan merusak batang rambut dengan sangat perlahan. Tidak hanya lepek saja kalau debu dan polusi ini efeknya pada rambut akan tetapi juga bisa  membuat rambut mudah rontok.

4. Jarang Keramas

Jarang keramas juga menjadi salah satu penyebab rambut menjadi lepek, karena jika Anda jarang keramas akan membuat penumpukan minyak dan kotoran berada di kulit kepala. Sebaiknya dalam hal ini Anda melakukan keramas yang rutin, dengan seperti itu rambut akan ternutrisi.

5. Salah Pilih Shampoo

Jika rambut mu lepek, gampang ketombean, gatal dikulit kepala, maka tidak ada salahnya kalau Anda cek lagi shampoo yang Anda gunakan. Karena jika salah dalam memilih shampoo akan menyebabkan rambut lepek dan banyak masalah

Sebaiknya dalam memilih shampoo Anda kenali kondisi kulit kepala dan jenis rambutmu terlebih dahulu, kemudian Anda sesuaikan produknya. Jika rambut mu kering, Jelas Anda perlu untuk memilih moisturizing shampoo yang punya banyak kandungan protein atau keratin.

Jika masalah yang terjadi pada rambutmu itu berminyak dan lepek, maka bisa memilih shampoo yang punya manfaat deep cleansing atau volumizing.

Nah itulah beberapa penyebab yang biasanya menjadikan rambut kita lepek, dengan kita mengetahui penyebabnya maka kita akan semakin mudah untuk menemukan cara penanganannya.