Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ini Cara Mengatasi Gigi Ngilu, Perlu Anda Coba

Memiliki gigi sensitif terkadang sangatlah mengusik. Nyeri dan berdenyut-denyut tajam yang muncul saat nikmati makanan bisa membuat Anda berasa benar-benar tidak nyaman. Bahkan juga, ngilu yang muncul dapat dirasa beberapa jam sesudah makan, terkadang banyak yang mencari cara mengatasi gigi ngilu dengan cra yang instant.


Gigi sensitif dapat terjadi di umur berapa saja. Diambil dari Mayo Clinic, sensitivitas disebabkan karena susunan tengah gigi (dentin) yang paling halus terkena beragam hal dari lingkungan luar. Walau sebenarnya, dentin semestinya terlindung oleh enamel gigi.

Saat susunan paling luar gigi atau enamel gigi tipis, dentin akan terpampang udara dan temperatur di luar hingga gigi gampang berasa nyeri.

Umumnya Anda akan merasakan ngilu pada gigi saat makan es cream atau sekedar hanya minuman dingin yang lain. Kadang kesan nyeri ada saat makan atau minum yang panas. Rasa nyeri bisa tiba dan pergi, terkadang berasa tidak tertahan.

Anda dapat kurangi dan tangani gigi sensitif dimulai dari mengganti rutinitas setiap hari. Nah berikut ini cara mengatasi gigi ngilu.

1. Gosok Gigi dengan Betul

Apa Anda telah menyikat gigi secara pas? Misalkan, menyikat gigi secara teratur, yakni 2x dalam satu hari. Kurang cukup sampai di sana saja, pakai juga tehnik menggosok gigi yang betul untuk bersihkan semua sisi mulut dan gigi.

Sikat secara halus dan berhati-hati disekitaran garis gusi hingga Anda tidak hilangkan jaringan pada gusi. Menggosok gigi dengan keras bisa membuat susunan enamel jadi tipis, hingga sensitivitas gigi Anda bertambah.

Pegang sikat gigi Anda pada pojok 45 derajat. Sikat perlahan-lahan dalam pergerakan melingkar, dan tahan sikat gigi di ujung jemari Anda, tidak boleh di telapak tangan Anda.

Seharusnya, dianjurkan untuk Anda memakai jenis sikat gigi dengan bulu halus untuk kurangi resiko gigi nyeri atau sensitif.

Anda juga bisa juga memakai kontribusi benang gigi untuk mencapai kotoran tersisa makanan yang susah dicapai memakai sikat gigi.

2. Pakai Pasta Gigi Khusus

Anda bisa juga memakai pasta gigi untuk gigi sensitif yang memiliki kandungan fluoride. Odol yang direncanakan khusus untuk gigi sensitif memiliki kandungan bahan aktif yang disebutkan dengan potasium nitrat.

Kandungan itu menolong untuk merintangi tubulus kecil di dentin yang sensitif. Bukan hanya hanya itu, odol ini memiliki kandungan senyawa yang menolong merintangi penebaran kesan dari permukaan gigi ke saraf.

Umumnya memerlukan seringkali pemakaian saat sebelum sensitivitas gigi menyusut. Sesudah seringkali pemakaian, odol bisa hilangkan rasa ngilu yang terkait dengan gigi sensitif.

Bila Anda memakainya dengan teratur, odol sebagai salah satunya langkah terbaik dalam menyembuhkan gigi nyeri atau sensitif periode panjang.

3. Jauhi Makanan dan Minuman Asam

Minuman atau makanan asam bisa mengurangi susunan enamel hingga gigi semakin sensitif. Seharusnya mulai awasi konsumsi minuman dan makanan asam untuk kurangi resiko gigi nyeri atau sensitif.

Janganlah lupa untuk menggosok gigi Anda sepanjang 20 menit sesudah makan makanan asam sebagai langkah menangani gigi yang nyeri.

Bila jarak waktunya kurang dari 20 menit atau Anda segera menggosok gigi, malah hal tersebut bisa sakiti enamel Anda.

4. Memakai Perlindungan Gigi

Apa Anda mempunyai kebiasaan membentakkan gigi saat tidur pada malam hari? Nach, rupanya, rutinitas ini bisa mengurangi enamel dan jadikan gigi menjadi lebih sensitif.

Oleh karena itu, memakai perlindungan gigi bisa Anda kerjakan sebagai langkah menangani gigi nyeri sensitif karena rutinitas menyeretakan gigi.

Bila beberapa cara mengatasi gigi ngilu barusan dilaksanakan dengan teratur, rasa nyeri pada gigi bisa menyusut. Tetapi, masih tetap kontrol kesehatan mulut dan gigi teman dekat ke dokter gigi minimum sekali tiap enam bulan, ya, Teman dekat Hermina. Salam sehat.