Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Ikan Gabus Yang Tidak Banyak diketahui


Ikan gabus ialah spesies ikan air tawar yang mayoritas dapat diketemukan di teritori Asia Tenggara, terhitung di Indonesia. Tipe ikan satu ini lebih banyak disukai untuk dimakan di Tanah Air. Karena, ikan gabus kaya sumber protein hewani yang bagus dan penting, dan kandungan gizinya tidak kalah atas ikan salmon.

Spesies ikan bernama Latin Channa striata dikenali sebagai ikan predator yang memakan ikan, serangga, dan hewan air kecil di komunitas aslinya. Di Indonesia, ikan gabus dikenal juga dengan beragam panggilan, seperti bocek, aruan/haruan, laknat, kabos, dan sebagainya.

Di beberapa negara ikan ini dipercaya mempunyai manfaat, seperti pada Malaysia, dipercayai bisa menyembuhkan cedera dan mengembalikan cidera. Bahkan juga, zat albumin dan konsentrat ikan gabus sanggup menahan infeksi.

Dengan bahasa Inggris, ikan gabus dikenali dengan istilah snakehead. Ini dilandasi karena ikan gabus mempunyai wujud kepala yang serupa ular, badan memanjang, dan warna yang gelap.

Meskipun performanya menakutkan, berdasar Data Formasi Pangan Indonesia (DKPI) ikan gabus (per 100 g pada keadaan fresh) mempunyai nilai nutrisi, diantaranya:

• Air: 79,6 gr

• Kalori: 80 kilo kalori (kkal)

• Protein: 16,2 gr

• Lemak: 0,5 gr

• Karbohidrat: 2,6 gr

• Serat: 0,0 gr

• Kalsium: 170 miligram (mg)

• Fosfor: 139 mg

• Zat besi: 0,1 mg

• Natrium: 65 mg

• Kalium: 254 mg

• Tembaga: 0,3 mg

• Seng: 0,4 mg

• Retinol (Vit. A): 335 microgram (mcg) Thiamin (Vit. B1): 0,4 mcg

• Riboflavin (Vit. B2): 0,2 mg

• Niacin (Vit. B3): 0,1 mg

Jika memeriksa dari jumlahnya nutrisi itu, ikan gabus mempunyai tipe kandungan nutrisi yang semakin tinggi dibandingkan tipe ikan konsumsi yang lain. Ikan gabus mempunyai kandungan protein sekitaran 25,5 %. Jumlah ini semakin tinggi bila dibanding dengan kandungan protein dari ikan mas (16%), ikan bandeng (20%), ikan kakap (20%), atau ikan sarden (21,1%).

Faedah Ikan Gabus Salah satunya yang populer dari ikan gabus ialah gizi albumin, yaitu protein di plasma darah yang perannya jaga cairan pada darah tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini menolong bawa beragam zat ke semua badan, seperti hormon, vitamin, dan enzim. Berikut faedah ikan gabus :

Manfaat Ikan Gabus Tidak Banyak diketahui

1. Obat Rekondisi Cedera Pasca-Operasi

Faedah ikan gabus yang pertama ialah manfaat zat albumin yang tinggi sekali. Perlu Anda kenali, albumin adalah tipe protein yang mempunyai banyak faedah, satu diantaranya penting pada proses pengobatan cedera.

Salah satunya penelitian yang dikutip dari Kampus Hasanuddin, mendapati pemberian kapsul ekstrak ikan gabus sepanjang 14 hari sebesar 0.7 g/dl dapat percepat pengobatan cedera pada pasien pasca-operasi, terhitung cedera pasca-persalinan caesar.

Kandungan albumin ikan gabus akan menolong tingkatkan kandungan albumin badan jadi normal. Sementara pada pasien rawat inap, ikan gabus berguna untuk menjaga nilai albumin hingga menolong proses pengobatan.

2. Menyembuhkan Nutrisi Jelek

Seterusnya, faedah ikan gabus untuk keadaan nutrisi jelek yang banyak dirasakan oleh bayi dan balita. Ini disebabkan karena kekurangan albumin pada tubuh (hipoalbuminemia) yang mengakibatkan gizi tidak dapat disebarkan secara baik ke semua badan.

Salah satunya resiko jika badan kekurangan albumin ialah malnutrisi atau masalah nutrisi, khususnya pada bayi dan anak-anak. Nach, konsumsi ikan gabus dengan teratur dapat membenahi masalah ini. Dengan konsumsi 100 g penyuguhan ikan gabus saja, cukup penuhi beragam keperluan nutrisi harian yang penting untuk kesehatan.

3. Menolong Memperlancar Pencernaan

Dalam susunan ikan gabus berasa lebih empuk, hingga tak perlu sampai mencemaskan keadaan kesehatan mekanisme pencernaan Anda.

Faedah ikan gabus untuk jaga pencernaan karena daging ikan gabus mempunyai protein collagen yang lebih rendah dibanding kandungan protein yang terdapat dalam daging. Ikan gabus cuma mempunyai sekitaran tiga sampai lima % dari keseluruhan kandungan protein collagen.

4. Membuat Tubuh Makin Terhidrasi

Faedah albumin dalam ikan gabus satu diantaranya untuk jaga kesetimbangan cairan pada tubuh. Bila keadaan cairan pada tubuh Anda menyusut, karena itu protein yang masuk ke badan akan pecah hingga tidak bisa berperan secara normal.

Zat albumin menolong jaga cairan pada darah supaya tidak bocor ke kumpulan sel tubuh yang lain. Bila badan Anda kekurangan albumin (hipoalbuminemia), mengakibatkan cairan dapat bocor ke jaringan lain, seperti keadaan asites yang berbentuk penimbunan cairan di antara selaput dinding perut dan organ dalam. Albumin ini isi 60 % dalam kandungan plasma darah.

5. Menolong Perkembangan dan Memperkuat Otot

Kandungan protein dapat menandingi sumber protein hewani lain, seperti daging sapi, ayam, atau telur. Kamu dapat mendapat sekitaran 16,2gram protein dengan konsumsi 100 g ikan gabus.

Dengan demikian, ikan gabus mempunyai beragam manfaat yang memberikan keuntungan untuk perubahan badan. Satu diantaranya dengan menolong proses perkembangan dan pembangunan otot dalam tubuh.